Pemerintah Belgia Larang Loot Box Berbayar, Overwatch Hapus Fitur Tersebut

Mulai dari bulan April kemarin, pemerintah Belgia secara resmi mengeluarkan pernyataan bahwa keberadaan Loot Boxes berbayar di sebuah video game dianggap bertentangan dengan berbagai ketentuan yang mengatur hukum perjudian di negara tersebut.

Mereka sendiri menunjuk beberapa game seperti FIFA 18, CS:GO, sampai Overwatch sebagai sedikitnya contoh dari bentuk-bentuk pelanggaran terkait, bukan hanya itu, mereka juga memberikan semacam ultimatum lewat ancaman denda dan pidananya untuk segera menghapus layanan tersebut secara langsung.

Namun, bulan April sudah begitu lama berlalu. Tapi, berbagai publisher yang senang menerapkan fitur loot boxes berbayar tersebut sepertinya tidaklah serius dalam menanggapi ancaman yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah Belgia.

Setelah sekitar sebulanan yang lalu ada Valve yang secara resmi menarik fitur loot boxesnya di CS:GO, sekarang giliran Blizzard sebagai publisher dari Overwatch yang mulai mengindahkan peringatan keras dari pemerintah Belgia.

Mereka baru-baru ini mengumumkan lewat forum resmi di websitenya bahwa fitur loot boxes berbayar di game Overwatch akan mereka cabut secara khusus untuk para pemain yang tinggal di negara Belgia. Bukan hanya untuk game Overwatch saja, fitur loot boxes yang terdapat pada game free to play Heroes of the Storm pun juga mereka hapus.

Dalam pernyataanya, pihak Blizzard tampak sangat begitu terpaksa untuk mengikuti apa yang diminta oleh pemerintah Belgia. Meski begitu, sepertinya mereka juga masih ingin mencoba merundingkan hal ini kembali kepada instansi terkait beserta dengan menteri keadilan setempat. Bersamaan dengan hal itu, sayang sekali masih belum ada kabar mengenai respon dari pihak publisher-publisher game lain selain Blizzard dan Valve yang juga mendapat teguran khusus.

Leave a Reply