Pelayan Restoran Di Jepang Tidak Menerima Tip, Ini Alasannya

Tidak Menerima Tip

Ada banyak hal yang perlu dicintai tentang restoran di Jepang, Salah satu hal yang paling dicintai oleh para turis asing mengenai restoran Jepang yaitu mereka tidak menerima tip dan biaya pelayanan. Mengapa demikian? Berikut adalah alasannya:

Memberi Tip bukanlah budaya Jepang

Banyak buku panduan budaya mengklaim bahwa pemberian tip dianggap “kasar” di Jepang, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Hanya saja hal itu dianggap aneh di Jepang.

Pelayan memiliki istirahat yang cukup

Salah satu alasan untuk memberi tip pada pelayan adalah sebagai insentif / imbalan untuk bekerja selama jam-jam sibuk restoran. Namun pelayan di Jepang memiliki istirahat yang cukup saat bekerja sehingga mereka merasa tidak pantas apabila menerima tip.

Makanai

Makanai mengacu pada makanan yang dibuat di dapur restoran dan disediakan untuk staf secara gratis. Tentunya ini tidak akan menjadi menu yang mahal, tetapi makanai masih dibuat dengan bahan-bahan berkualitas restoran. Beberapa restoran memiliki menu makanai yang begitu lezat sehingga akhirnya dipromosikan menjadi menu reguler untuk membayar pelanggan.

Layanan buruk bukan bagian dari budaya Jepang, baik dari bisnis atau perspektif pelanggan

Jepang tidak merasa perlu bagi pelanggan untuk memberikan tips setiap mereka menyantap makanan. Merasa bangga dengan pekerjaan sendiri, sangat tertanam dalam budaya Jepang. Pekerja Jepang akan memberikan 100 persen upayanya. Sehingga mereka berfikir tidak perlu menerima tip hanya katena telah bekerja keras.

Leave a Reply