Pelajari Sebelum Traveling, Ini Etika Makan di Berbagai Negara

Etika Makan di Berbagai Negara

Sebenarnya, etika makan di berbagai negara pada umumnya hampir sama, seperti mempersilahkan orang yang lebih tua untuk menyantap makanannya dulu, gak menyisakan makanan di atas piring saat udah selesai makan, dan lain sebagainya. Tapi, ada juga etika makan di berbagai negara yang gak lazim lho. Pahami etika-etika makan di negara-negara ini ya supaya kalian gak dianggap kurang ajar saat berkunjung ke negeri orang!

Perancis

Kalo di negara-negara barat cenderung menggunakan sendok, garpu, dan pisau untuk makan, beda dengan di Perancis. Orang Perancis biasanya makan dengan menggunakan roti sebagai sendoknya. Disana, roti bukan makanan pembuka, tapi bagian dari makanan utama. Selain itu, membayar makanan sendiri-sendiri atau patungan dianggap gak sopan disana. Makanya, waspadalah kalau tiba-tiba kalian disuruh bayarin makan di Perancis.

Thailand

Di Thailand, ada aturan gak tertulis soal etika makan. Di negara ini, kalian gak boleh memasukkan makanan ke dalam mulut dengan menggunakan garpu. Garpu hanya boleh digunakan untuk mendorong makanan di piring ke dalam sendok. Jadi, cuma sendok aja yang diperbolehkan masuk ke dalam mulut.

Jepang

Bagi kalian yang pengen traveling ke Jepang, kalian harus tahu etika-etika makan di Jepang ini. kalian gak boleh menancapkan sumpit dalam mangkuk yang berisi nasi. Kalo kalian melakukan hal itu, maka kalian akan dianggap menancapkan sebuah dupa untuk penghormatan upacara pemakaman. Lalu, Kalo kalian makan sup atau makanan yang berkuah, ingat untuk mengangkat mangkuk dari meja saat mau menyeruput kuah. Hal itu menunjukkan bahwa kalian menghargai orang yang memasak.

India

Etika makan di India ini mirip dengan etika makan di Indonesia, kalian gak boleh makan dengan menggunakan tangan kiri. Bahkan di India Selatan, kalian gak diperbolehkan untuk menyentuh piring dengan tangan kiri selagi makan. Hal ini karena tubuh bagian kiri terasosiasi dengan bagian tubuh yang melakukan hal-hal kotor. Kecuali bagi yang kidal ya. Gak jadi masalah, asalkan kalian gak memegang ponsel atau sibuk bermain dengan tangan kanan kalian saat sedang makan.

Chili

Buat kalian yang hobi makan pake tangan, kudu ati-ati kalau mau makan di Chili. Karena orang Chili terbiasa makan dengan sendok, garpu, dan pisau. Menyentuh makanan dengan tangan langsung dianggap gak sopan, sekecil apapun itu makanannya.

Korea Selatan

Etika di Korea Selatan berbanding terbalik dengan etika makan orang Indonesia. Kalo di Indonesia makan dengan mencecap atau mengeluarkan suara dianggap gak sopan, di Korea Selatan kalian harus makan dengan mencecap. Konon katanya, hal itu dianggap sebagai bentuk penghargaan atas makanan yang kalian makan dan kalian menikmati makanan yang disediakan.

Italia

Jangan sekali-kali minta keju tambahan saat kalian makan di Italia, karena akan dianggap sangat gak sopan. Selain itu, Kalo kalian penggemar berat cappuccino, minum cappuccino saat pagi hari aja ya. Karena cappuccino biasanya cuma boleh diminum saat pagi hari. Kalo kalian minum di waktu-waktu yang lain, kalian pasti akan dianggap aneh dan bodoh.

China

Kalo di beberapa negara bersendawa saat makan dan menyisakan remahan makanan adalah perilaku yang dianggap gak sopan, berbeda dengan di China. Disana, bersendawa dan menyisakan makanan setelah makan adalah hal yang biasa. Bahkan, bersendawa sering dianggap sebagai bukti kepuasan terhadap masakan. Selain itu, jangan sekali-kali makan ikan di China dengan membalik tubuh ikan ketika salah satu sisinya udah habis. Hal itu dianggap sebagai dao yue, yang berarti nasib buruk. Jadi, lebih baik tulang-tulang dan duri ikan dibersihkan dulu sebelumnya, baru kalian makan dagingnya.

Tanzania

Di Tanzania, ada satu etika makan paling aneh di dunia yang bakalan bikin kalian melongo. Di Tanzania, menghadiri jamuan makan malam dengan tepat waktu dianggap gak sopan. Cocok banget tuh buat kalian yang suka banget ngaret.

Leave a Reply