Paris Menjual Kerangka Dinosaurus Dengan Harga Rp 32 Miliar

Dinosaurus

Sebuah fosil hewan langka yang disimpan di museum Prancis dijual. Kerangka dinosaurus berumur 150 juta tahun dilelang di Menara Eiffel, Paris.

Seperti dikutip dari DW, Rabu (6/6/2018), hewan pemakan daging sepanjang hampir 9 meter ini dipajang di lantai pertama menara dan terjual seharga 2 juta euro atau sekitar Rp 32 miliar.

Rumah lelang Prancis, Aguttes, mendapat penawaran tertinggi senilai 2 juta euro dari pembeli anonim asal negara itu. Nilai ini melebihi harapan pelelang, yakni antara 1,2 dan 1,8 juta euro.

Menurut Aguttes, pembeli ingin fosil itu “dipajang di museum Prancis.”

Fosil sisa-sisa theropoda pemakan daging itu digali dari Morrison Formation, sumber yang kaya akan fosil dinosaurus di negara bagian Wyoming, AS antara tahun 2013 dan 2015.

Dengan tinggi hampir 2,6 meter, kerangka ini memiliki 70 persen tulang asli dan dua baris gigi yang nyaris tanpa cacat. Tampaknya seperti versi yang lebih kecil dari Tyrannosaurus Rex.

Dinosaurus ini sepertinya termasuk ke dalam genus theropod yang sebelumnya tidak diketahui, menurut Eric Mickeler, ahli valuasi Aguttes untuk penjualan. Ini berarti pembeli dapat menentukan namadinosaurus.

Makhluk itu akan menjadi “karnivora ganas,” kata Mickeler kepada kantor berita Jerman DPA. Ia menambahkan bahwa makhluk prasejarah ini memiliki kehidupan yang panjang dan bertingkat.

“Yang ini tidak biasa karena hidup untuk waktu yang lama. Kita dapat mengetahui dari tulang-tulangnya bahwa ia mati di usia tua,” katanya. “Hewan mengalami kecelakaan semasa hidupnya, ada tulang patah yang sembuh … tapi ini bukan penyebab kematiannya.”

Kerangka ini berasal dari akhir periode Jurassic sekitar 155 juta tahun yang lalu, yang menjadi inspirasi film-film Hollywood bertemakan Jurassic Park.

Pada bulan Desember, Aguttes menjual kerangka mamut terbesar ke pihak swasta, senilai 548.250 euro. Kerangka dibeli kepala perusahaan bahan waterproofing yang memiliki mamut sebagai logonya.

Dan pada bulan April, rumah lelang Prancis Druout menjual Allosaurus dan kerangka Diplodocus pada lelang “Sejarah Alam” di Paris yang masing-masing mencapai harga lebih dari 1,4 juta euro.

Lelang kerangka dinosaurus bukanlah hal baru. Tahun 1997, Tyrannosaurus Rex yang paling lengkap dan terlestarikan di dunia — bernama Sue — terjual seharga $ 8,36 juta.

Leave a Reply