Orang di Kota ini Dibebaskan Untuk Berciuman di Tempat Umum

Orang-orang pasti akan risih jika ada yang berciuman di tempat umum, meskipun itu di luar negeri. Namun, sebuah kota di Meksiko akan membebaskan orang-orang untuk melakukan itu.

Seperti dilansir dari berbagai media, Selasa (4/9/2018). Kota Guadalajara di Meksiko memiliki aturan agak nyeleneh untuk hal ini. Kota yang berjarak 550 Km dari ibukota Mexico City ini membuat aturan baru soal ketertiban umum.

Sebelumnya, polisi bisa menegur orang yang berciuman di taman kota. Namun, dengan adanya aturan baru, polisi hanya boleh bertindak jika menerima keluhan dari pihak ketiga yang merasa tidak nyaman. Jikatidak ada yang mengeluh, maka akan dibiarkan saja.

Ternyata, pasangan yang sedang bermesraan di tempat umum sering menjadi korban pungli oknum polisi korup di kota tersebut. Dewan Kota, Guadalupe Morfin mengatakan, aturan baru yang membebaskan orang berciuman, akan mengurangi niat polisi untuk menarik pungli dan korupsi.

“Kita tambahkan kalau polisi mau menangkap pasangan yang bermesraan, butuh permintaan khusus dari warga yang lain. Lagi pula tidak ada yang bercumbu ingin kelihatan anak-anak. Itu tidak mendidik, itu bikin masalah,” ujar Morfin seperti dilansir dari News.com Australia.

Tapi, aturan ini juga diprotes. Kalau alasannya hanya untuk mencegah korupsi, akan menjadi aneh jika semua pasangan dibiarkan begitu saja bermesraan dan bercumbu di tempat umum.

“Tidak menyenangkan melihat orang melakukan hubungan seksual di taman atau di gang-gang,” ucap Livier Martinez dari National Action Party, yang mana adalah partai oposisi.

Guadalajara sendiri merupakan kota terbesar kedua di Meksiko. Ada berbagai destinasi wisata, serta banyak orang dan juga wisatawan. Tidak ada data khusus soal kejadian orang bermesaraan di taman. Tetapi ada anggapan umum soal polisi yang suka meminta uang suap kepada para pasangan yang berciuman di tempat umum dengan ancaman dibawa ke kantor polisi.

“Mereka bukan berhubungan seksual di tempat umum, cuma ciuman dan yang seperti itu. Tapi polisi meminta uang dan mengambil keuntungan. Baguslah kalau sekarang harus ada bukti dulu apakah para pasangan itu berkelakuan buruk atau tidak,” kata Andrea Quintana, seorang mahasiswi di Guadalajara.

Leave a Reply