Nikmatnya Sambal Hitam Yang Gurih Pedas Dari Pecel Ndeso!

Pecel di Solo ini berbeda dari yang lain. Pecel sayuran ini disajikan dengan siraman sambal wijen dengan pelengkap lauk enak. Ini cocok dinikmati saat sarapan!

Kangen dengan pecel ndeso khas Solo? Anda bisa mampir ke beberapa warung ini. Ada Warung Pecel Solo yang berada di Jalan Dr Supomo 55, Solo hingga Warung Pecel Mbok Sinem yang ada di Jalan Sukoharjo. Tidak disajikan dengan bumbu kacang, sepiring pecel ini justru bumbunya terbuat dari wijen.

Pecel ndeso khas Solo yang disajikan dengan sambal wijen.

Pecel ndeso biasanya disajikan dalam daun pisang. Isiannya berupa nasi merah yang disajikan bersama dengan tambahan sayuran berupa jantung pisang, daun pepaya, bunga turi, tauge dan bayam. Jantung pisang dan bunga turi jadi pembeda dari nasi pecel biasa.

Bakulan pecel ndeso ini sering dijajakan pagi hari. Kalau penasaran ingin mencicip, Anda bisa mengunjungi Warung Pecel Solo yang dikenal juga dengan ‘Omah Ndeso’. Disini pecel ndeso disajikan dengan nasi merah serta sayuran hijau seperti bayam, kecambah, kenikir, lembayung, kembang turi, kecipir dan disiram dengan bumbu kacang wijen plus kerupuk karak.

Enaknya di Solo sarapan pecel yang khas ini.

Beberapa penjual juga menambahkan bhotok bongko yang dibuat dari kacang tolo atau kacang merah yang dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu kemudian dibungkus dengan daun pisang. Nyam!

Tidak hanya mengenyangkan, pecel ndeso ini juga sehat karena terdiri dari sayuran dan nasi merah yang tinggi akan serat.

Leave a Reply