Niat Renovasi Rumah, Pria Ini Malah Menemukan Sesuatu!

Seorang warga Tiongkok, Chacun yang tinggal di daerah sedang melakukan renovasi rumah. Saat mengali tanah, ia menemukan ada kejanggalan. Ia melihat uang koin tertimbun tanah.

Chacun-lah orang yang menemukan koin pertama. Setelah digali lebih dalam ternyata uang koin tersebut berjumlah tak sedikit. Berdasarkan laporan China Daily, arkeolog berhasil menyelesaikan penggalian pada 22 Oktober 2017.

Pengalian tersebut telah mengumpulkan sebanyak 300 ribu keping koin kuno dengan berat 5,6 ton. Semua koin yang terkumpul tersebut ditemu

kan rumah-rumah di Fuliang County, provinsi Jiangxi, Tiongkok. Koin ini merupakan mata uang kuno yang dipercaya warga berusia seribu tahun milik seorang tuan tanah di daerah tersebut.

Setelah dilakukan penelitian, ternyata koin tersebut berasal dari zaman dinasti Song sekitar periode 960 hingga 1279.

Berdasarkan perhitungan arkeolog, koin-koin tersebut telah berusia 800 tahun. Mengenai nilainya, kurator Museum Fuliang, Feng Ruqin mengatakan nilai koin tersebut kecil. Koin-koin tersebut ternyata bersasal dari sebuah organisasi dan tak ada hubungannya dengan penduduk setempat seperti dugaan awal.

Ruqin juga menambahkan kalau koin tersebut juga berasal dari aset bank lokal kecil yang memiliki fasilitas pertukaran uang dengan emas atau perak, seperti dikutip dari laman South China Morning Post.

Leave a Reply