Nggak Nyangka, Ternyata Lima Negara Ini Pemilik Teknologi Canggih!

Sejauh ini, pasar teknologi canggih dunia masih terus dikuasai oleh Amerika Serikat. Meskipun demikian, ternyata ada banyak negara yang memiliki potensi luar biasa di bidang teknologi!

1. Israel

Israel merupakan negara yang terkenal dengan teknologi spionase, yang biasa digunakan untuk para intelijen dan penyidik. Negara ini memiliki sekitar 300 perusahaan yang berkecimpung di bidang teknologi cyber, salah satunya adalah aplikasi navigasi Waze. Pasti kamu tahu kan? Nah, sebagian besar dari perusahaan teknologi di Israel melakukan produksi alat-alat untuk melindungi serangan cyber. Akan tetapi, produk tersebut harus memiliki izin dari Kementerian Pertahanan Israel, agar tidak disalahgunakan.

2. Finlandia

Di awal tahun 2000-an, ada salah satu merek telepon genggam yang paling populer di Indonesia. Kamu bisa tebak apa namanya? Yep, itulah Nokia yang ternyata berasal dari negara Finlandia, lho! Kemajuannya yang pesat di bidang teknologi komunikasi, membuat negara ini sekarang mulai sejajar dengan Jepang, Jerman, dan Amerika Serikat dalam menguasai pasar teknologi dunia. Salah satu faktor di balik kesuksesan Finlandia di bidang teknologi adalah riset dan pengembangan teknologi yang mumpuni.

3. Tiongkok

Saat ini, negara Tiongkok sedang terus-menerus mengembangkan teknologi nuklir, lho! Diakui World Nuclear Association, teknologi nuklir milik negeri panda ini merupakan salah satu yang berkembang cukup pesat. Hingga Agustus 2017, Tiongkok telah memiliki 37 reaktor nuklir. Selain bidang teknologi nuklir, negara ini juga memiliki industri bioteknologi yang memiliki nilai ekonomi tinggi, salah satunya adalah produk vaksin.

4. Rusia

Jika ditanya negara manakah yang paling siap dengan teknologi militer, maka Rusia menjadi jawabannya. Pada tahun 2016 lalu, Rusia berencana mengembangkan 1.300 teknologi pertahanan untuk empat tahun mendatang. Selain itu, rencana tersebut juga sejalan dengan upaya pemenuhan kebutuhan industri pertahanannya untuk tahun 2020. Lebih lanjut, negeri beruang merah ini juga memiliki robot pengangkut tanpa awak yang bernama Avtrobot, dan pesawat udara tanpa awak yang bernama Shersen. Keren ya!

5. Brazil

Siapa yang menyaksikan tayangan Piala Dunia tahun 2014 lalu? Ada teknologi baru lho yang diterapkan saat pertandingan tersebut, yaitu teknologi garis gawang. Tujuannya agar wasit menjadi lebih mudah untuk menentukan keputusan sebuah goal. Selain teknologi garis gawang, Brazil juga merupakan negara yang ahli dalam industri penerbangan.

Leave a Reply