Narapidana di Peru Keluar Penjara, Tukar Tempat Dengan Kembaran

Narapidana

Ada-ada saja kelakuan seorang narapidana di Peru ini. Untuk bisa keluar dari penjara, ia bertukar tempat dengan saudara kembaranya.

Alexander Delgado yang sedang menjalani hukuman penjara selama 16 tahun lamanya, karena kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak dan perampokan di sebuah penjara di utara kota Lima. Narapidana tersebutberusaha untuk melarikan diri dari penjara ketika sang kembaran, Giancarlo, membesuknya pada Januari 2017 lalu.

Alexander membius Giancarlo, setelah itu ia langsung melucuti pakaian saudara kembarnya dan mengganti dengan seragam tahanan miliknya. Ia pun langsung melenggang dengan bebas keluar dari penjara.

Selama 13 bulan, seperti dilansir oleh BBC yang dikutip Rabu (14/2/2018), Giancarlo pun harus rela bertukar posisi dengan saudara kembarnya yang kabur entah kemana. Ia menjadi napi, menjalani hukuman yang tidak seharusnya ia dapatkan.

Identitas Giancarlo mulai terbongkar setelah sidik jari Giancarlo diambil. Setelah itu perburuan terhadap Alexander pun dimulai.

Setelah itu pihak berwenang di Peru berhasil menangkap kembali Alexander setelah menjadi buron lebih dari setahun, meninggalkan saudara kembar untuk menggantikan posisinya di dalam penjara. Setelah 13 bulan dalam pelarian, Alexander Delgado ditangkap pada Senin 12 Februari waktu setempat di kota pelabuhan Callao.

Penangkapannya berawal dari sayembara berhadiah yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Peru.

Setelah ditangkap, Alexander rencananya akan dipindahkan ke sebuah penjara keamanan maksimum di southern highlands. Sementara kembarannya, Giancarlo akan ditahan dan diselidiki karena dicurigai telah berkerjasama dengan saudaranya yang kabur.

Setelah dilakukan pemeriksaan, Giancarlo akhirnya tidak jadi dituntut dan dibebaskan.

Berbicara kepada media lokal setelah penangkapannya, napi Alexander Delgado mengatakan bahwa dia menggunakan tipu muslihat bertukar dengan kembarannya itu untuk bertemu sang ibu.

“Karena saya sangat ingin bertemu dengan ibu,” ujar Alexander.

Leave a Reply