Mulai Dari Kecantikan Hingga Kesehatan, Ini 10 Manfaat Santan

Santan

Santan seringkali digunakan sebagai bahan tambahan untuk memasak. Ini karena tekstur santan yang kental dan gurih membuat masakan menjadi lebih sedap. Selain untuk masakan, ternyata santan memiliki berbagai manfaat untuk rambut, kulit, dan kesehatan.

1. Mengobati rambut kering dan rusak

Santan merupakan pelembap yang sangat baik. Ini dapat digunakan untuk mengobati rambut kering, rusak serta untuk menenangkan kulit kepala yang gatal dan iritasi.

Cukup letakkan santan tanpa pemanis ke dalam kulkas semalaman sehingga mengeras. Di pagi hari, oleskan santan pada rambut dan biarkan selama 20 menit setelah itu bilas.

Ini adalah perawatan yang sangat baik, tidak hanya mengembalikan rambut yang kering dan rusak tetapi juga memperbaiki rambut bercabang.

2. Mencegah rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut

Santan mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Ia bahkan dapat meningkatkan folikel dan pertumbuhan rambut. Campurkan sektar seperempat cangkir santan dengan setengah cangkir air. Pijat campuran ke kulit kepala dan biarkan selama sekitar dua jam, setelah itu bilas.

3. Kondisioner rambut

Santan tidak hanya membuat kondisioner rambut alami yang bagus untuk melembutkan rambut dan membuatnya lebih tebal dan panjang. Gunakan sedikit santan ke telapak tangan lalu gosokkan ke rambut dari akar hingga ujung rambut.

4. Mencegah penuaan dini

Santan dapat membantu meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit kamu. Ini karena santan mengandung vitamin C yang membantu elastisitas kulit, mencegah bintik-bintik penuaan, kulit kendur, dan kerutan.

Gunakan seagai bahan dalam masker dengan menggabungkan setengah cangkir santan dengan satu sendok makan madu dan lima tetes minyak kayu putih. Oleskan menggunakan kapas ke wajah kamu atau area yang terdapat keriput. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat. Ini akan membantu kulit kamu tetap terhidrasi dan terlihat lebih muda.

5. Menenangkan kulit dari sengatan matahari

Jika kamu mengalami kulit terbakar karena matahari, cukup gunakan lapisan tipis santan dingin ke area yang terkena. Ini akan mengembalikan kelembapan, mengurangi kemerahan, dan meredakan rasa sakit.

Kamu dapat menggunakan setiap hari, tetapi pastikan untuk menerapkannya sebelum tidur, biarkan semalam dan bilas di pagi hari.

6. Mencegah jerawat

Jika kamu memiliki kulit berjerawat, gunakan santan sebagai pembersih. Sifat anti bakterinya membantu mencegah jerawat dan tidak menyumbat pori-pori.

7. Pelembap kulit secara keseluruhan

Kamu mungkin pernah mendengar mandi susu, tetapi santan lebih bermanfaat dari susu sapi karena sifatnya yang sangat menenangkan. Tambahkan secangkir santan ke bak mandi saat air mengalir, kamu juga bisa menambahkan air mawar untuk menambahkan aroma.

Berendamlah di bak mandi selama 15 menit untuk mengembalikan kelembapan pada kulit kering menjadi lembut. kamu juga dapat menggosok santan langsung pada kulit untuk meningkatkan kesehatan kulit.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Santan merupakan cara terbaik untuk menngkatkan kesehatan secara keseluruhan termasuk kesehatan jantung. Ini karena kelapa adalah salah satu sumber terbaik asam laurat yang memberikan sifat antivirus dan antibakteri serta menjadi asam lemak sehat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Santan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan penumpukan plak bebas dari pembuluh darah, meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko serangan jantung.

9. Menurunkan berat badan

Santan sangat bagus untuk menurukan berat badan, membantu membangun otot dan mengurangi lemak.

Setelah berolahraga, otot-otot membuatuhkan banyak nutrisi termasuk yang ditemukan dalam santan seperti potasium dan magnesium yang membantu memperbaiki jaringan yang rusak dan mendorongnya untuk tumbuh kembali dengan lebih kuat.

Santan mengandung banyak lemak sehat yang membantu membuat kamu cepat kenyang dan mencegah makan berlebih serta ngemil sepanjang hari sehingga kamu juga dapat menurunkan berat badan dengan lebih mudah.

10. Menurunkan peradangan

Santan juga dapat membantu menurunkan peradangan terkait banyak jenis masalah kesehatan termasuk radang sendi, nyeri otot dan sendi.

Kamu dapat menambahkan santan ke dalam makanan kamu untuk membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Leave a Reply