8 Mitos Tips Bertahan Hidup yang Dipercaya Namun Ternyata Salah

Di Indonesia kita sering sekali dijejali dengan berbagai mitos yang unik mulai dari cerita-cerita horor sampai cara-cara untuk bertahan hidup, namun ada beberapa tips bertahan hidup yang banyak dipercaya orang ternyata tidak benar, tentu bahaya sekali jika tips-tips ini dipraktekkan secara nyata oleh mereka yang masih tidak mengerti akan resikonya, maka dari itu simaklah 8 mitos tips bertahan hidup berikut ini yang dipercaya banyak orang tetapi salah.

Mitos 1: Kita bisa mengeluarkan racun ular dengan cara menghisapnya dari kulit yang tergigit dan memuntahkannya

gigitan ularFaktanya:

Anda bisa mati seketika jika menghisap racun ular dari kulit yang tergigit karena racun tersebut akan dengan sekejap masuk ke aliran darah, menaruh bibir Anda kebagian yang tergigit akan menambah bakteri pada luka tersebut dan racunnya juga bisa menginfeksi bibir dan tenggorokan Anda.

Jika seseorang tergigit, cobalah menjaga denyut jantung tetap rendah (jangan panik) dan tekan atau ikat di atas/bawah bagian yang tergigit (supaya darah/racun tidak menyebar ke area jantung) dan segeralah kerumah sakit.

Mitos 2: Saat diserang beruang cobalah berpura-pura mati

beruangFaktanya:

Jika Anda sedang dihutan dan bertemu seekor beruang, maka pilihan terbijak adalah mencoba lari/menghindar secepat mungkin, jika beruang tersebut berada di perkemahan/tenda Anda cobalah membuat suara keras/berisik sekeras-kerasnya dengan harapan beruang tersebut akan takut/kaget dan lari.

Namun dalam situasi tertentu jika seekor beruang menyerang dan Anda tidak bisa lari/menghindar maka cobalah melawan balik (membuat suara atau melempar sesuatu), intinya jangan pernah berpura-pura mati karena itu tidak akan berhasil, pilihan Anda hanya menghindar atau melawan balik (perhatikan situasi sekitar dan keadaan beruang).

Mitos 3: Anda harus mencari makanan sesegera mungkin saat tersesat di alam liar

hamburgerFaktanya:

Manusia bisa bertahan hidup 30 sampai 40 hari tanpa makanan, tentu durasi daya tahan setiap orang berbeda-beda tergantung kondisi tubuh, umur dan penyakit yang diderita, namun prioritas utama Anda untuk bertahan hidup adalah air dan tempat berlindung.

Mitos 4: Kita bisa meminum air/cairan didalam kaktus

kaktusFaktanya:

Ini bisa dilakukan kalau Anda memang sudah berpengalaman dalam memfilter mana air kaktus yang baik untuk diminum atau tidak, namun kebanyakan air didalam kaktus bisa membuat kita sakit, muntah-muntah dan membuat kita semakin dehidrasi.

Mitos 5: Lumut tumbuh dibagian utara sebuah pohon

pohonFaktanya:

Lumut bisa tumbuh dibagian mana saja dari sebuah pohon, tergantung dari situasi lingkungan yang ada, jangan pernah bergantung pada mitos ini dalam hal navigasi atau mencari arah.

Mitos 6: Apapun jenis tumbuhan yang bisa dimakan hewan bisa juga dimakan oleh manusia

jamurFaktanya:

Burung dan tupai bisa memakan suatu buah dan jamur yang bisa membunuh jika dimakan oleh manusia.

Mitos 7: Saat seseorang menggigil/kedinginan cobalah menggosokan kulit atau letakkan mereka kedalam air panas

kedinginanFaktanya:

Menggosok kulit yang membeku/kedinginan malah bisa melukai kulit lebih parah lagi, dan begitu pula air panas bisa melukai kulit karena perubahan suhu yang drastis secara tiba-tiba, Anda harus menghangatkannya secara perlahan, cobalah gunakan handuk hangat atau letakkan botol berisi air hangat dan taruh diketiak mereka.

Mitos 8: Jika Anda diserang ikan hiu, pukullah bagian hidungnnya

hiuFaktanya:

Realitanya sangat sulit memukul hidung ikan hiu yang bergerak cepat di air, jika memang Anda diserang hiu saat sedang berenang, carilah benda atau sesuatu yang padat dan halangi hiu dengan benda tersebut, jika tidak berhasil, berusahalah mencakar bagian mata atau insang.

Leave a Reply