Misteri Hilangnya Kapal Selam Nuklir K-219 Soviet Di Bermuda

Kapal Selam Nuklir K-219

Pada Oktober 1986, sebuah kapal selam Yankee kelas 667-A, K219, milik Uni Soviet tengah melakukan patroli rutin di perairan lepas pantai Bermuda. Namun sayang, kapal itu kemudian tak dapat menghindari nasibnya untuk tenggelam ke bawah laut.

Menurut Pravda.ru, saat tenggelam kapal selam itu membawa 14 rudal nuklir R-27 dan dua reaktor nuklir. Namun saat kapal selam itu ditemukan, tak ada satupun rudal yang ditemukan.

Kapten Igor Britanov kemudian menjemput kapal selam yang tenggelam itu dari Gadzhiyevo, Rusia. Kemudian, hanya kurang dari 1126km di sebelah timur laut Bermuda, sebuah ledakan terjadi.

Ledakan itu terjadi di salah satu tabung misil setelah segelnya pecah. Dengan menggunakan kapal selam, Britanov kemudian memerintahkan kapalnya untuk naik dari tingkat kedalaman.

Kapal itu distabilkan untuk menghentikan pendaratan dan dibawa ke permukaan dengan tenaga baterai, di mana sebagian besar awaknya dievakuasi ke kapal terdekat, Anatoly Vasiliev. Tiga pelaut tewas dalam ledakan itu, dan Petugas Belikov serta Pelaut Senior Sergei Preminin yang menutup reaktor tidak dapat turun dari kapal selam.

Beberapa tahun kemudian Seaman Pregy secara anumerta dianugerahi Orde of the Red Star untuk mencegah kecelakaan nuklir serta gelar Pahlawan Federasi Rusia. Ketika kapal pengiriman Soviet Krasnogvardeysk memulai perjalanan kembali ke Rusia, mereka menarik K219, tetapi tali dereknya putus.

Desas-desus mulai menyebar, beberapa mengatakan bahwa tenggelamnya K-219 karena ditabrak oleh Augusta, sebuah kapal selam Angkatan Laut Amerika Serikat. Meskipun Augusta ada di daerah itu, Angkatan Laut dengan keras membantah telah menabrak kapal selam Soviet.

Sementara yang lain mengklaim bahwa K-219 ditarik oleh kekuatan misterius karena kedekatannya dengan Segitiga Bermuda. Soviet segera menginformasikan kepada pemerintah Amerika Serikat tentang insiden itu dan ditawari bantuan oleh Presiden Amerika Serikat.

Untuk pertama kalinya, Soviet mengeluarkan pernyataan publik mengenai kecelakaan alam ini dan mengakui kesalahan sepenuhnya atas kesalahan ini.

Leave a Reply