AS Miliki Dua Komputer Terkencang, Buat Apa?

komputer terkencang

Amerika Serikat saat ini tercatat memiliki dua komputer terkencang di dunia, salah satunya bernama Sierra. Saat ini, Sierra digunakan untuk berbagai pekerjaan, salah satunya adalah membuat simulasi perubahan iklim.

Namun, simulasi perubahan iklim tersebut bukanlah alasan utama Sierra dibangun. Pekerjaan utama Sierra baru akan dimulai pada awal 2019 mendatang. Saat nanti sudah di tugas utamanya, sistem Sierra akan ‘kedap udara’ alias benar-benar tidak terhubung dengan jaringan luar untuk menghindari peretasan.

Membutuhkan keamanan tingkat tinggi, pasti banyak yang penasaran dengan pekerjaan utamanya. Ternyata, Sierra akan menjadi otak utama untuk mengkalkulasi simulasi peluncuran senjata nuklir, demikian seperti dilansir dari The Verge, Rabu (21/11/2018).

Tentu detail lebih lengkap terkait tugas Sierra itu tidak diungkap ke publik. Namun. berdasarkan para enginer di Lawmore Livermore National Laboratory, yang saat ini mengoperasikan Sierra, salah satu tugasnya itu adalah mensimulasikan peledakan senjata nuklir secara virtual yang dilakukan demi keamanan nasional.

Sierra, dan Summit, merupakan dua dari komputer tercepat di dunia yang dimiliki oeh Amerika Serikat.

Summit sendiri merupakan “juara bertahan” yang pada Juni lalu didaulat menjadi komputer paling kencang di dunia, setelah mencatatkan skor 122,3 petaflops per detik ketika melakukan mathematical test Linpack.

Sejak pengujian tersebut, Summit terus mendapat peningkatan dari segi hardware dan kini mencatatkan skor 143,5 petaflops per detik. Skor ini membuat Summit unggul jauh dibanding 499 komputer super lain yang ada dalam daftar komputer-komputer tercepat di dunia.

Sementara itu, di peringkat ke-2 ada Sierra, yang prosesornya mempunyai 1,6 juta core, lebih sedikit dibanding Summit yang corenya mencapai 2,4 juta. Selain jumlah core, kedua komputer super itu mempunyai spek yang sama.

Leave a Reply