Merinding, Ditemukan Hewan Tertua Yang Masih Hidup: 512 Tahun

Ditemukan hiu Greenland berukuran besar yang diyakini sebagai hewan vertebrata tertua di bumi yang ditemukan pada saat ini. Hiu tersebut diprediksi sudah berusia hingga 512 tahun, lebih dari 5 abad.

Hiu Greenland hidup di perairan es di Akrtik yang lokasinya ditemukan oleh para ilmuwan. Dengan mengukur tubuh dan melakukan sejumlah observasi, para ahli menduga bahwa hiu yang bobotnya hampir 1 ton itu sudah ada sejak awal tahun 1500-an sebagaimana dituliskan dalam satu jurnal ilmiah.

Hiu Greenland sebagaimana dicukil dari lamanĀ Metro, biasanya hidup dengan suhu air minus 1 hingga 10 derajat Celcius. Hiu tersebut juga bisa berada hingga di kedalaman 7200 kaki. Panjang hiu 18 kaki.

Namun sebagian ahli ada yang mengira bahwa usia hiu tersebut sekitar 272 tahun.

Hiu tertua itu adalah hiu ke-28 yang dianalisis yang berasal dari Greenland. Hiu Greenland memang dikenal sebagai hiu yang berumur panjang.

Disebutkan bahwa hiu di Greenland sebelumnya diperkirakan bisa hidup hingga 400 tahun. Habitat tersebut memiliki kebiasaan berenang di laut dalam dan mencari pasangan. Oleh karena itu untuk kasus ditemukannya hiu berusia 5 abad bukanlah hal yang mustahil untukĀ jenis hiu Greenland.

Leave a Reply