Menjadi Pelamar Kerja, Jangan Lupa Kuasai 5 Soft Skill Ini!

Soft Skill

Di dunia kerja nanti banyak hal yang harus kamu kuasai dan miliki selain dari sisi akademik. Salah satu yang paling penting adalah soft skill. Soft skill merupakan kemampuan interpersonal dan lebih mengarah pada karakteristik serta bagaimana cara kamu bersikap, berinteraksi, dan berkomunikasi dengan orang lain. Jadi, soft skill wajib apa saja sih sih yang harus kita miliki di zaman sekarang? Yuk, simak beberapa di antaranya!

1. Komunikasi

Soft skill wajib nomor satu yang harus dimiliki saat ini adalah komunikasi. Dimanapun kamu berada, kamu butuh untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Dengan teman, guru atau dosen, hingga rekan kerja dan bos kamu nantinya. Kedengarannya sih simple, tapi masih banyak lho yang sulit untuk menerapkan komunikasi yang baik.

2. Mampu Bekerja Sama

Walaupun skill individu sangat penting, tapi jangan lupakan kemampuan bekerja sama. Kamu akan selalu membutuhkan kerja sama yang baik dengan partner atau rekanmu nanti. Untuk itu, diperlukan sebuah tim yang solid dan melengkapi satu sama lain. Kamu harus melatih diri untuk bisa menerima pendapat orang lain, berdiskusi dan mencapai solusi, menghargai perbedaan pendapat, serta berkontribusi sesuai kemampuanmu.

3. Beradaptasi

Beradaptasi adalah soft skill wajib yang secara tidak sadar sudah kamu latih sejak dulu, lho. Setiap kita lulus dari satu jenjang pendidikan dan masuk ke jenjang berikutnya, kamu pasti mengalami masa-masa berkenalan dengan teman baru, belajar hal baru, membiasakan diri dengan situasi baru, dan lain-lain. Nah, orang-orang yang punya tingkat adaptasi lebih cepat dan tinggi akan lebih menguntungkan. Kamu bisa merasa nyaman dengan situasi apapun sehingga bisa mengeluarkan kemampuan terbaikmu.

4. Leadership

Skill leadership atau kepemimpinan juga perlu kamu latih. Tidak hanya dikhususkan untuk orang-orang yang punya jabatan tertentu, melainkan semua orang. Jika kamu punya kemampuan kepemimpinan yang tinggi, itu akan jadi nilai plus untukmu. Kamu akan bisa mengemban tugas dan tanggung jawab dengan baik, serta mampu mengomunikasikannya kepada rekan satu tim.

5. Etika

Yang paling penting dan tidak boleh terlupakan, yaitu etika yang baik. Walaupun kamu pintar, memiliki kemampuan di atas rata-rata, dan beragam skill lainnya tapi tidak diimbangi dengan etika dan attitude yang baik, kamu bisa tidak disukai rekan kerja kamu nantinya. Jadi, belajar yuk untuk selalu menghargai orang lain, berkelakuan baik, punya semangat tinggi, dan terus berpikiran positif.

Leave a Reply