Meninggal Malam Jumat Legi, Kain Kafan Seorang Pria Hilang

Kain Kafan

Kasus hilangnya tiga tali kain kafan pada jenazah Janji (56) warga Desa Medalem, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, Jatim sebenarnya sudah diantisipasi oleh pihak keluarga almarhum. Dimana keluarga sudah menjaga kuburan tersebut selama 7 hari 7 malam.

Sebab sebelumnya sesepuh desa setempat sudah mewanti-wanti supaya menjaga kuburan almarhum Janji. Pasalnya Janji meninggal pada Kamis 19 Juli 2018, yang bertepatan dengan Kliwon.

Berdasarkan tradisi orang jawa, kuburan itu dijaga ketat selama 7 hari 7 malam. Bahkan ada yang menjaga sampai 40 hari. Pihak keluarga sudah menjaga kuburan almarhum Janji selama 7 hari 7 malam secara bergantian.

“Memang almarhum meninggal Kamis Kliwon atau besoknya Jumat Legi. Makam itu dijaga anak-anak secara bergantian sampai 7 hari,” terang istri almarhum Janji, Buarah, Minggu (29/7/2018).

Menurut Buarah, penjagaan tersebut dilakukan untuk menghindari pencurian tali kain kafan. Namun pencurian tali kain kafan terjadi sehari usai dilakukan penjagaan tepatnya pada Jumat 27 Juli 2018.

“Kuburan jadi seperti usai digali saat pertama kali diketahui, dan tiga tali kain kafan pada jenazah suami saya hilang. Kami sudah melaporkan ke perangkat desa dan polisi atas kejadian ini,” papar Buarah.

Leave a Reply