Mengapa Terkadang Mual Saat Menaiki Mobil? Ini Jawabannya

Mobil

Bepergian memang jadi hal yang menyenangkan bagi semua orang. Namun, terkadang mood kita berubah menjadi jelek pada saat perjalanan. Bukan karena enggak bawa uang ataupun jajan. Tapi lantaran kita tiba-tiba merasakan pusing dan mual yang membuat lemas sepanjang jalan. Biasanya ini terjadi ketika kita duduk di kursi mobil bagian belakang.

Apalagi kalau perjalanan yang ditempuh cukup jauh, rasanya ingin turun dari mobil saja. Gawatnya lagi jika tak bawa persiapan obat untuk meredakan pusing dan mualnya. Mabuk darat tersebut akan tetap menempel di tubuh hingga kita berada di tempat tujuan. Nah, sebenarnya apa sih penyebab dari pusing dan mual ketika di dalam mobil?

Pandangan yang terhalang oleh kursi di depan

Apabila kita berada di mobil, pandangan menjadi berubah drastis. Dari yang awalnya bisa melihat bebas, kini hanya terpaku dan fokus pada satu tatapan saja yaitu ke depan. Dilansir dari laman health.detik.com, jika kita mengalami seperti itu, maka otak akan mengalami kebingungan dalam mengatur pancaindra.

Di satu sisi, mata bisa melihat area yang sangat luas. Sedangkan pada mata yang satunya melihat deretan kursi dengan posisi diam. Akibatnya, orang tersebut mengalami yang namanya First Person Shot. Di mana otak tidak dapat menyesuaikan dengan pandangan mata, sehingga munculah rasa pusing dan mual yang terkadang disertai dengan muntah.

Dari faktor keseimbangan tubuh

Kalau hal yang satu ini masih berhubungan dengan paragraf sebelumnya. Jika tadi adalah kebingungan antara otak dan pandangan mata, jika yang ini juga dikaitkan dengan organ telinga. Menurut Dr. Hilary Hawkins selaku praktisi kedokteran keluarga dari Orlando, kalau kita bisa mengalami pusing saat tubuh berada dalam posisi diam namun sesuatu menghasilkan gerakan.

Pusat keseimbangan di telinga bagian dalam menganggap hal yang berbeda dari realitasnya. Sehingga, telinga akan mengirimkan sinyal yang campur aduk ke otak. Akibatnya akan ada muncul pusing, berkeringat dan juga sakit kepala pada orang tersebut.

Menderita penyakit tertentu

Selain dua di atas, ada faktor lain yang bisa menyebabkan orang mengalami mual dan muntah saat mengendarai mobil. Adalah orang tersebut menderita penyakit tertentu, misalnya seperti vertigo. Mengapa vertigo?

Menurut dr. Marlinca Agung Rusmalinda Putri, ini disebabkan penyakit tersebut juga menyerang organ keseimbangan di mana gejalanya akan muncul ketika dipacu dengan hal-hal yang mengganggu organ keseimbangan. Terkadang yang muncul tidak hanya rasa pusing dan mual saja, tapi vertigonya juga ketika kondisinya sudah terlalu parah.

Itulah tadi penyebab munculnya rasa pusing dan mual ketika berada di dalam mobil. Mungkin banyak dari kita heran mengapa hanya beberapa orang saja yang mengalami rasa seperti ini. Ternyata, itu bisa dari kebiasaan sehari-hari sehingga tubuhnya telah menyesuaikan dengan keadaan. Tapi, ini bisa diatasi dengan beberapa cara kok Sahabat Boombastis. Caranya adalah mengisi perut terlebih dahulu sebelum berkendara, lalu minum obat anti muntah dan kemudian selama perjalanan konsumsi permen mint untuk mencegah gejala mual.

Leave a Reply