Mengapa Ratu Elizabeth II Selalu Pakai Sarung Tangan? Ini Alasannya

Ratu Elizabeth II

Penampilan Ratu Elizabeth II kerap menjadi sorotan. Salah satunya ketika ia memakai sarung tangan. Bukan karena fashion atau peraturan kerajaan akan tetapi ada alasan tersendiri mengapa sang ratu memakai sarung tangan tersebut.

Dilansir Rd.com, sang Ratu memakai sarung tangan karena alasan kesehatan. Seperti yang kita ketahui, ia seringkali bertemu dan berjabat tangan dengan banyak orang. Sarung tangan berfungsi untuk melindungi kulit sang Ratu agar tidak rusak, dan paling terpenting adalah melindungi tangan sang Ratu dari debu dan kuman.

“Saya memperkirakan ada dua sampai tiga pasang sarung tangan di tas untuk cadangan” kata Cornelia James, desainer yang bertanggung jawab atas sarung tangan Ratu Elizabeth II sejak 1947.

Sarung tangan sang Ratu selalu dicuci setiap ia pakai. Jika ada kerusakan, ia mencoba memperbaikinya terlebih dahulu. Harga sepasang sarung tangan yang dibuat oleh Cornelia James berkisar 110 poundsterling atau setara dengan Rp2,2 juta. Tentu akan boros jika sang Ratu terus menerus membeli untuk menggantikan sarung tangannya yang rusak.

“Keluarga kerajaan ingin berhemat dan tidak membuang banyak uang untuk membeli sepasang sarung tangan baru. Ia akan memakai sarung tanganya selama 40 tahun,” ungkap Cornelia.

Alih-alih membeli sepasang sarung tiap minggu, Ratu biasanya memesan dalam jumlah besar. Biasanya ia memesan hingga tiga lusin. Lewat staf kerajaan, ia akan memesan kembali 2-3 tahun kemudian kepada Cornelia.

Ratu Elizabeth II biasanya mengenakan sarung tangan yang diberi nama Francesca atau Regina. Sarung tangan tersebut panjangnya bisa menutupi telapak tangan hingga lengan.

“Ketika kamu seorang ratu dan harus bersalaman dan Anda tidak ingin menunjukkan lengan. Dengan sarung tangan yang bisa menutupi lengan, Jadi anda tidak dapat melihat lengan dengan mata telanjang,” ucap Cornelia James.

Material sarung tangan juga tak luput dari perhatian. Selama bertahun-tahun sarung yang dikenakan oleh Ratu Elizabeth dibuat dengan kapas sikat, namun pada akhir-akhir ini sang Ratu meminta bahan yang sedikit lebih ringan dan halus. Cornelia pun memesan 70 meter katun asal Swiss untuk membuat sarung tangan dengan material baru.

Ratu Elizabeth II bukan satu-satunya klien Cornelia dari keluarga Kerajaan Inggris. Cornelia diketahui pernah membuat sarung tangan untuk mendiang Putri Diana dan istri Pangeran William Kate Middleton. Ia juga membuat sarung tangan ke beberapa artis Hollywood lain seperti Taylor Swift, Rihanna, dan Madonna.

Leave a Reply