Memutuskan Untuk Pensiun, Inilah Karier Sepakbola Kaka

Ricardo Izecson dos Santos Leite, atau lebih dikenal dengan Kaka, memutuskan menyudahi kariernya sebagai pesepakbola. Bintang asal Brasil itu kini pensiun.

Keputusan Kaka pensiun berbarengan dengan habisnya kontrak dia bersama Orlando City bulan ini. Pesepakbola terakhir yang meraih Ballon d’Or sebelum dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo itu sempat dikabarkan akan kembali ke AC Milan atau pulang ke Brasil, namun dia ternyata memilih gantung sepatu.

Kaka mengumumkan keputusannya pensiun melalui akun media sosial pribadinya.

Belum diketahui akan ke mana Kaka selepas memasuki periode pensiun. Beberapa media Eropa mengatakan dia akan dapat posisi di manajemen Milan.

Kaka mendaki dan meraih puncak kariernya bersama Milan. Bergabung dengan klub tersebut di 2003, dia mempersembahkan lima trofi juara. Termasuk Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub di tahun 2007. Di tahun yang sama Kaka meraih penghargaan Ballon d’or.

Kaká melakukan debut internasionalnya pada bulan Januari 2002 dalam pertandingan melawan Bolivia. Dia adalah bagian dari tim nasional yang menang pada Piala Dunia 2002, tetapi aksinya tidak terlalu terlihat karena hanya bermain 19 menit di babak pertama pertandingan Kosta Rika.

Pada tahun 2003, dia menjadi kapten tim dalam turnamen Piala Emas di Amerika Serikat dan Meksiko, memimpin Brasil ke posisi kedua dan membuat gol yang menentukan dalam pertandingan melawan Kolombia. Setelah itu, dia beraksi di Piala Konfederasi 2005, dengan Kaká menciptakan gol dan menang dalam pertandingan final melawan Argentina

Pria kelahiran 22 April 1982 ini kemudian bergabung bersama Real Madrid pada 2009, dengan kontrak yang sempat menjadikannya pemain termahal di dunia. Tapi di Santiago Bernabeu dia gagal menunjukkan performa terbaiknya karena terus diganggu cedera.

Sempat kembali ke Milan, Kaka akhirnya memilih bermain di Major League Soccer bersama Orlando City di 2014.

Di Timnas Brasil, Kaka mencetak 29 gol dari 92 pertandingan. Dia berada dalam skuat Brasil saat memenangi Piala Dunia 2002 serta Piala Konfederasi 2005 dan 2009.

Manusia Terakhir Pemenang Ballon d’Or

Sebelum duopoli Cristiano Ronaldo-Lionel Messi, Kaka merupakan pemenang penghargaan bola emas. Dia menggapainya di tahun 2007.

Kaka memang tampil gemilang di tahun itu. Dia mampu membawa Rossoneri meraih tiga trofi bergengsi. Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub merupakan deretannya.

Dengan modal itu, Kaka menang telak dari ‘dua alien’: Ronaldo dan Messi. Hasil voting menunjukkan bahwa Kaka mengumpulkan 444 suara. Dia ungggul 167 suara dari Ronaldo, yang ada di posisi kedua.

Setelah itu, Ronaldo dan Messi bergantian memenangi Ballon d’Or. Keduanya, masing-masing sudah memenangi lima kali gelar bola emas.

“Ronaldinho, Cristiano, Messi, dan saya sendiri merupakan pemenang Ballon d’Or yang masih bermain,” kata Kaka kepada Marca beberapa waktu lalu.

“Itu membuat saya bangga bisa sejajar dengan para pemain hebat, dan menjadi pemain terakhir yang menjadi pemenang sebelum Messi dan Ronaldo.”

“Anda bisa bilang bahwa saya merupakan pemenang Ballon d’Or terakhir yang lahir di planet ini,” dia menambahkan dengan candaan.

Dengan pensiunnya Kaka, maka juga sudah tak ada member skuat Brasil saat menjuarai Piala Dunia 2002, yang masih aktif bermain.

Kaka, yang saat itu masih berusia 20 tahun, cuma sekali bermain di Korea-Jepang. Dia tampil di laga melawan Kosta Rika, Kaka menggantikan Rivaldo para menit ke 72. Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002, usai menang atas Jerman dengan skor akhir 2-0.

Leave a Reply