Mau Liburan Ke Luar Negeri, Jangan Lupakan 5 Hal Penting Ini

Liburan Ke Luar Negeri

Liburan merupakan kegiatan yang menyenangkan, banyak hal yang harus disiapkan yang utama biasanya sih budget. Nah, sudah ada yang punyai rencana untuk liburan ke luar negeri? Kalau iya, maka kamu wajib banget menyimak ulasan di bawah ini sampai habis.

Sebab, tentu kamu gak mau kan liburan ke luar negeri yang harusnya mengasyikkan malah jadi mimpi buruk kalau kamu gak memperhatikan 5 hal penting di bawah ini.

1. Jangan lupa untuk selalu membawa dan menyimpan dokumen penting dengan aman

Ini merupakan poin paling paling penting ya. Dokumen-dokumen penting wajib banget kamu bawa dan simpan di tempat yang aman ketika berlibur ke luar negeri.

Dokumen penting seperti paspor misalnya, kalau kamu kehilangan paspor di luar negeri siap-siap deh kamu gak bakalan bisa pulang ke Indonesia secepat yang kamu rencanakan. Kamu harus mengurus kehilangan paspor kamu ke KBRI yang pastinya cukup ribet dan gak memakan waktu yang sebentar saja lho, tergantung dari beberapa faktor yang dapat mempengaruhi cepat lambatnya proses pengurusan paspor yang hilang.

Biasanya akan dibuatkan SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor) sebagai paspor sementara dan ada biaya tambahan dalam mengurus SPLP ini.

2. Jangan lupa untuk selalu membawa uang lebih

Jadi, meskipun kamu sudah ada budget plan untuk liburan luar negeri. Sebaiknya kamu menyiapkan uang lebih dari anggaran yang kamu hitung dan rencanakan. Mengingat ketika di luar negeri, mungkin saja ada pengeluaran tak terduga yang melenceng dari budget awal.

Jadi, jika kamu merasa kesusahan dengan membawa uang tunai dalam jumlah besar, kamu bisa kok menggunakan kartu kredit yang biasanya berlogo Mastercard atau Visayang tentunya lebih praktis dan aman.

Hanya saja, kamu perlu mengetahui kebijakan dari kartu kredit yang kamu gunakan seperti adanya charge untuk setiap transaksi di luar negeri sesuai kebijakan bank masing-masing. Dibandingkan dengan membawa uang tunai yang berisiko menjadi sasaran kejahatan dan adanya ketentuan bea cukai bagi membawa uang tunai lebih dari nominal tertentu, sehingga lebih baik menggunakan kartu kredit jika ingin membawa uang dalam jumlah besar.

3. Jangan lupa untuk selalu menaati peraturan ketika berada di negara lain

Nah, ini juga penting banget nih. Pahami dulu ya aturan-aturan di negara yang akan kamu kinjungi untuk liburan. Karena, bisa saja hal-hal sepele yang di negara sendiri bukan merupakan tindakan ilegal, namun di negara lain malah merupakan perbuatan ilegal yang bisa dikenakan denda sampai kurungan.

Contohnya saja negara tetangga kita, Singapura yang terkenal memiliki peraturan yang sangat ketat misalnya saja perihal membuang sampah sembarangan. Membuang sampah sembarangan di Singapura bisa dikenakan denda minimal sebanyak S$300 atau jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp 3.000.000 lho! Jadi, jangan jadikan rencana liburanmu yang indah menjadi mimpi buruk dengan tidak sengaja melakukan tindakan ilegal di negara lain.

4. Jangan sungkan untuk bertanya ketika sedang tersesat

Tersesat ketika traveling itu udah jadi hal yang biasa bagi para turis. Tapi, banyak orang yang memiliki kebiasaan malu bertanya sehingga akhirnya membuang waktu yang berharga dengan berputar-putar di tempat yang sama. Di luar negeri, memang tidak semua penduduk lokal bersikap ramah terhadap turis apalagi di negara-negara maju yang punya budaya bersikap lebih individualis.

Tapi, apa salahnya bertanya ketika benar-benar tersesat dan tak tahu arah yang tepat harus dituju, meski sekarang rata-rata orang sudah punya aplikasi Google Maps yang memudahkan memberi arah petunjuk jalan. Akan lebih mudah dengan bertanya kepada penduduk sekitar apalagi kalau ingin bertanya hal lain selain petunjuk jalan sehingga modal yang harus kamu miliki adalah kemampuan bahasa Inggris yang baik sebagai bahasa internasional.

5. Jangan mudah percaya dengan orang asing

Ini hal yang gak kalah penting dengan 4 hal di atas, jangan sekali-kali percaya penuh dengan orang asing. Hal ini penting banget terutama untuk kamu yang suka traveling sendirian. Kejahatan berpotensi terjadi dimana aja termasuk di luar negeri.

Ketika mengunjungi negara lain untuk liburan, kamu harus tetap waspada karena terkadang ada segelintir orang yang punya niat jahat melakukan tindakan kriminal misalnya dengan merampok ataupun mencuri, padahal barang bawaan yang diambil selain uang juga punya dokumen penting seperti paspor, visa, tiket pesawat dan lain-lain. Kamu harus ekstra hati-hati ya meski sedang menikmati liburan, jangan sampai hal yang tak diinginkan malah terjadi saat sedang menikmati liburan.

Leave a Reply