Mau Coba Bikin 5 Makanan Khas Korea Ini? Caranya Gampang Kok!

Makanan Khas Korea

Kalau kamu ditanya bagaimana caranya membuat masakan Korea, pasti pikiran yang pertama terlintas adalah sulit. Kalau dilihat sekilas, makanan khas Korea memang memiliki banyak side dish berupa sup dan rebusan yang membutuhkan banyak sekali persiapan.

Dari beberapa makanan Korea yang banyak jenisnya, ternyata banyak juga yang bisa dibuat dengan bahan sederhana. Kamu tidak perlu sepuluh lauk untuk melengkapi makanan Korea buatanmu, seperti yang ada di restoran.

Dengan hidangan utama dan beberapa lauk, kamu masih bisa menikmati makanan ala-ala Korea ini di rumah lho!

1. Nasi goreng kimchi – Bokkeumbap

Bokkeumbap
Bokkeumbap

Bokkeumbap dibuat sebagai makanan sederhana yang bisa dibuat dengan beberapa bahan dari lemari es. Bahan utamanya memang nasi dan kimchi. Jadi sebelum membuat masakan ini, kamu harus sedia kimchi di dalam kulkas ya!

Resep ini adalah makanan sederhana yang kebanyakan dinikmati di rumah. Tetapi kamu mungkin juga melihatnya di beberapa restoran kasual Korea.

Sama seperti membuat nasi goreng biasa. Bedanya di sini, kamu memakai kimchi sebagai bahan utama. Selain kimchi, kamu juga bisa menambahkan sumber protein seperti daging cincang, jamur, udang, sampai ayam.

Bahan yang kamu butuhkan untuk satu porsi bokumbap adalah 1 cangkir kimchi (Dikeringkan dan dicincang). Sebaiknya yang berbahan dasar sawi, 1/2 bawang bombay (Cincang), 1 sendok makan bawang (Cincang halus), 1 sendok makan kecap, 1 sendok makan mentega (Dibagi), 1/3 sumber protein, 3 cangkir nasi (Dimasak), Garam secukupnya, dan 4 butir telur (Digoreng).

2. Ikan goreng – Saengseon-jeon

Saengseon-jeon
Saengseon-jeon

Sebenarnya ini hanya ikan goreng biasa. Tapi kamu bisa membuatnya ala-ala Korea. Biasanya saat menikmari hidangan ini orang Korea memakannya dengan didampingi saus celupan dasar atau pedas. Hidangan ini cocok sekali disajikan untuk anak-anak sampai dewasa. Biasanya bahan dasar ikan yang dipakai adalah berdaging putih dan halus.

Beberapa hal yang kamu butuhkan untuk membuat ini, adalah 1 fillet ikan berdaging putih, dibilas dan ditepuk kering, 3 sdt garam, 1 sdt lada, 3 sdm tepung terigu, dan 2 butir telur.

3. Scallion Pancake – Pa Jeon

Pa Jeon
Pa Jeon

Resep panekuk daun bawang Korea (Pa jun) ini mudah dibuat dan selalu disukai banyak orang. Panekuk ini juga dijadikan sebagai camilan sehat, hidangan pembuka, atau lauk dalam makanan Korea atau Asia. Seperti kebanyakan resep dan masakan Korea, kamu bisa menyesuaikannya dengan selera sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa mengubah rasio antara daun bawang dan adonan dengan sayuran lainnya. Kamu juga dapat menambahkan irisan cabai merah dan bawang putih untuk pa jun. Wortel, zucchini, jamur, dan kimchi juga merupakan tambahan populer untuk panekuk daun bawang Korea.

Yang kamu butuhkan untuk membuat Pa Jun yaitu 2 cangkir tepung, 2 butir telur (Dikocok), 1 1/2 gelas air, 1 ikat daun bawang (Dibelah dua dan dipotong menjadi 2 hingga 3 inci panjangnya), 1 sendok teh garam, dan 3 sendok makan minyak (Untuk memasak).

4. Sayap ayam pedas – Tongdak

Tongdak
Tongdak

Sayap ayam panggang Korea yang dipanggang dengan oven ini, dikenal sebagai tong dak atau tongdak, sebagai camilan populer di Korea. Biasanya tongdak hanya dijadikan camilan saja, jarang dengan makanan pendamping. Rasa dari sayap ayam Korea ini berair, pedas, dan didominasi rasa manis.

Kunci untuk resep sayap ayam barbekyu Korea ini adalah dengan memasak sayap ayamnya dua kali. Pertama menggorengnya di panci di atas kompor, dan sekali lagi dengan memanggangnya di oven.

Kalau kamu ingin meningkatkan rasa pedas pada sayap ini, bisa menambahkan gochujang sesuai selera.

Untuk membuat ini, yang kamu butuhkan adalah 2 kg sayap ayam, jahe segar 1 inci dicincang, 2 sdt minyak wijen, 6 sdm kecap, 3 sdm gula, 3 sdm madu, 5 siung bawang putih, cincang 1/2 bawang kecil, cincang, dan 1 sdm pasta cabai merah (Kochujang).

5. Tumis bayam Korea – Sigumchi Namul

Sigumchi Namul
Sigumchi Namul

Sigumchi namul dijadikan sebagai makanan pembuka Korea. Dibuat berbumbu, Sigumchi Namul memang makanan sehat dan lezat. Biasanya di Korea salad bayam yang dibumbui ini digunakan sebagai pendamping dengan Japchae (Mi tumis goreng), kimbap (Nasi dan rumput laut gulung), dan bibimbap (Nasi dengan sayuran campuran). Singkatnya, sigumchi namul adalah makanan yang benar-benar serbaguna.

Adapun yang kamu butuhkan untuk membuatnya adalah bayam, 2 sdm kecap, 1 sendok teh minyak wijen, 1 sendok teh biji wijen, 1 sendok teh garam wijen, 2 siung bawang putih cincang halus, dan  2 sdt gula.

Leave a Reply