Manchester City Keluar Sebagai Juara Liga Inggris 2017/2018

Juara Liga Inggris

Manchester City menjadi juara Liga Inggris 2017/2018. Mereka mengunci titel tersebut tanpa bertanding, melainkan lantaran kekalahan yang diderita Manchester United.

Setelah 33 pekan terlewati City punya 87 poin, unggul 16 di atas Manchester United. The Red Devils tidak akan bisa mengejar perolehan poin tetangganya itu di lima pertandingan tersisa musim ini.

Titel juara City didapat setelah MU secara mengejutkan ditumbangkan West Bromwich Albion dengan skor 0-1 di Old Trafford. Ini menjadi pukulan sekaligus kemunduran bagi anak didik Jose Mourinho yang pekan lalu menunda dan bahkan mempermalukan City di Derby Manchester.

City mengunci titel juara 2017/2018 di pekan 33 dengan raihan 28 kemenangan, tiga kali imbang dan dua kali kalah. Mereka memasukkan 93 gol dan hanya kebobolan 25 kali.

Ini menjadi titel ketiga The Citizens dalam tujuh musim terakhir, setelah sebelumnya mereka meraih di musim 2011/12 dan 2013/14. Ini juga jadi trofi kedua City di musim 2017/2018 setelah sebelumnya memenangi Piala Liga Inggris.

Guardiola Samai Rekor Ancelotti dan Mourinho

Josep Guardiola akhirnya mampu menaklukkan Premier League di musim keduanya melatih Manchester City. Gelar ini menempatkan Guardiola di sebuah daftar elite.

City akhirnya dipastikan sebagai juara 2017/18 setelah rival terdekatnya, Manchester United, ditumbangkan West Bromwich 0-1 di Old Trafford, Minggu (15/4) malam WIB. Jay Rodriguez menjadi momok MU setelah golnya di babak kedua memenangkan the Baggies.

Dengan demikian, MU tetap mengoleksi 71 poin berjarak 16 poin dari City dalam 33 pertandingan. Mengingigat kompetisi tinggal menyisakan lima pertandingan, maka perolehan angka City tidak mungkin lagi bisa dikejar sampai laga terakhir.

Di sepanjang musim ini, the Citizens memang begitu dominan. City sukses merebut 28 kemenangan dan hanya dua kali kalah; di kandang Liverpool 3-4 dan 2-3 di tangan MU pada akhir pekan lalu.

Squawka memaparkan, selama ini hanya ada tiga manajer yang memenangi satu gelar di setidaknya tiga dari lima liga top Eropa. Mereka adalah Carlo Ancelotti yang memenangi liga di Italia (AC Milan), Inggris (Chelsea), Prancis (Paris St. Germain), dan Jerman (Bayern Munich); dan Jose Mourinho yang menjuarai Liga Inggris (Chelsea), Italia (Inter Milan) dan Spanyol (Real Madrid).

Sementara itu, Guardiola pernah berjaya di dua liga lainnya; Spanyol dan Jerman. Di La Liga, Guardiola pernah mengantar Barcelona juara (3) dan Bayern di Bundesliga (3). Dia juga menjadi manajer asal Spanyol pertama, yang bisa memenangi titel juara di Liga Inggris level tertinggi.

Rekor dan Statistik yang Antar Manchester City Juara Liga Inggris

Manchester City tampil dominan dan superior untuk mengunci gelar juara Liga Inggris 2017/2018. Mereka menjadi yang terbaik setelah memecahkan beberapa rekor.

Manchester City baru saja meraih titel ketiga mereka di Premier League dalam tujuh tahun terakhir. The Citizens memastikan titel itu tanpa bertanding, melainkan karena kekalahan Manchester United atas WBA.

Dipastikan tidak akan tergeser dari puncak klasemen, City punya beberapa rekor yang menegaskan kepantasan mereka menjadi juara.

– Manchester City sempat mencatatkan 18 kemenangan beruntun di musim ini. Tak pernah sebelumnya ada klub punya rangkaian menang sepanjang itu. City meraihnya dalam periode 26 Agustus 2017 sampai 27 Desember 2017.

– City baru menelan kekalahan pertama mereka saat melawat ke Anfield di Januari 2018. Mereka tumbang dengan skor 3-4 dalam laga yang berjalan sengit.

– City di musim ini juga memegang rekor ball possession paling banyak sepanjang sejarah Premier League. Ketika berhadapan dengan Everton, penguasaan bola City mencapai 82,13%.

– Rekor lain yang dibuat City adalah dalam hal jumlah passing. Saat bertemu Chelsea, jumlah operan pemain-pemain City mencapai 900 kali.

– City bukan cuma memuncaki klasemen. Mereka memimpin statistik dalam hal possission, jumlah sentuhan, jumlah umpan, dan jumlah tembakan.

Leave a Reply