Luis Enrique Resmi Menjadi Pelatih Baru Timnas Spanyol

Luis Enrique

Timnas Spanyol akhirnya resmi menunjuk Luis Enrique sebagai pelatih baru. Enrique akan melatih La Furia Roja selama dua tahun ke depan.

Pelatih berusia 48 tahun itu menggantikan posisi Fernando Hierro, yang mundur setelah Spanyol kandas di fase 16 besar Piala Dunia 2018. Pada prosesnya, Hierro juga meletakkan jabatannya sebagai direktur olahraga El Matador.

Enrique menjadi pelatih permanen Spanyol sepeninggal Julen Lopetegui, yang dipecat hanya beberapa hari sebelum Piala Dunia bergulir.

Melatih Spanyol menandai comeback Enrique setelah meninggalkan Barcelona di 2017. Selama tiga musim bersama Barca, Enrique memimpin klub menjuarai dua La Liga, tiga Copa del Rey, dan satu Liga Champions. Termasuk raihan treble kedua Los Cules di musim 2014/15.

Selain itu Enrique, yang pernah mengarsiteki Celta Vigo dan AS Roma, juga membantu Barca menyabet Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Enrique bukan satu-satunya kandidat pelatih Spanyol. Badan Sepakbola Spanyol (RFEF) sempat mempertimbangkan Quique Sanchez Flores dan Michel untuk menangani David de Gea cs namun akhirnya Enrique dianggap sebagai opsi yang terbaik.

Kini, Enrique ditantang untuk mengembalikan Spanyol ke level teratas. Menyusul kegagalan di Piala Dunia 2014 (fase grup), Piala Eropa 2016 (perempatfinal), dan Piala Dunia 2018. Demikian dilansir Marca.

Berprestasi Mentereng di Barca, Bagaimana di Timnas Spanyol?

Luis Enrique meraih sukses besar saat melatih Barcelona. Menarik untuk dinanti bagaimana kiprah Enrique bersama tim nasional Spanyol.

Enrique baru saja diumumkan sebagai pelatih baru timnas Spanyol, Senin (9/7/3018). Ia mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Fernando Hierro.

Tugas ini menandai comeback Enrique ke dunia kepelatihan. Sebelumnya ia sempat menganggur setelah meninggalkan Barca pada 2017.

Enrique tercatat menangani Barca sejak 2014. Selama tiga tahun menukangi Blaugrana, mempersembahkan berbagai gelar bergengsi.

Musim 2014/2015 menjadi puncak kesuksesan Enrique. Ia berhasil mengantar Barca meraih treble winners dengan menjuarai La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

Secara keseluruhan, Enrique mempersembahkan sembilan trofi untuk Barca. Rinciannya adalah dua trofi La Liga, tiga Copa del Rey, dan masing-masing satu trofi Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Enrique juga punya statistik apik selama menangani Barca. Sejak melatih Barca mulai 19 Mei 2014, Enrique sudah menjalani 181 pertandingan di semua kompetisi dan mencatat 138 kemenangan.

Sisanya, Barca di bawah Enrique mencatat 22 hasil imbang dan 21 kali kalah. Itu berarti persentase kemenangan Enrique selama menangani Barca sampai 29 Mei 2017 mencapai 76,2%.

Enrique akan melakukan debutnya sebagai pelatih Spanyol dalam pertandingan melawan Inggris pada 31 Agustus di ajang UEFA Nations League.

Salgado: Spanyol Akan Bangkit bersama Enrique

Luis Enrique baru saja ditunjuk sebagai pelatih timnas Spanyol yang baru. Pengangkatan Enrique ini akan berdampak bagus untuk masa depan Tim Matador.

Enrique mendapat kontrak dua tahun dari Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) dengan tugas utamanya membawa tim lolos ke Piala Eropa 2020. Enrique akan mengisi posisi pelatih kepala yang dipegang Fernando Hierro selama Piala Dunia 2018.

Kinerja Hierro, yang menggantikan Julen Lopetegui sehari sebelum turnamen itu dimulai, tidaklah memuaskan. Spanyol lolos susah payah dari fase grup sebelum disingkirkan Rusia di babak 16 besar lewat adu penalti.

Capaian di turnamen kali ini tentu menambah panjang deret prestasi buruk Spanyol di tiga ajang top terakhirnya, yakni Piala Dunia 2014 (fase grup) dan Piala Eropa 2016 (16 besar).

Dengan rekam jejak yang mentereng saat melatih Barcelona, raihan treble winners di musim perdana plus gelar La Liga kedua beruntun di 2016, Enrique dianggap sosok yang pas mengangkat prestasi Spanyol lagi.

Meski tekanan serta kualitas pemain yang ditanganinya akan berbeda, tapi Enrique diramalkan bisa menuai sukses bersama La Furia Roja.

“Saya senang dengan penunjukan Enrique. Dia itu pelatih yang bagus,” ujar mantan bek Spanyol dan Real Madrid, Michel Salgado, saat ditanya di Fan Football Park, Red Square, Moskow, Senin (9/7/2018).

“Saya yakin dia bakal membawa Spanyol bangkit lagi,” sambung Salgado yang punya 53 caps bersama Spanyol dan tampil di Piala Eropa 2000 serta Piala Dunia 2006 itu.

Leave a Reply