Loot Box di Video Game Akan di Blokir Jerman

Loot Box

Belakangan ini Loot Box menjadi sebuah isu panas dalam industri video game. Meski ada banyak studio dan pengembang video game yang juga menyediakan microtransaction dalam game mereka, tetapi Electronic Arts nampaknya menjadi satu-satunya perusahaan yang akan terus melekat diingatan para pemain game sebagai perusahaan ‘jahat’ yang terlalu mengkomersilkan video game.

Star Wars: Battlefront 2 menjadi awal bagi itu semua. Belgia bahkan sampai melakukan penyelidikan terhadap game tersebut karena diduga adanya praktek perjudian. Adanya loot box dalam sebuah game memberikan peluang lebih besar bagi pemain untuk memenangkan sebuah pertandingan. Semakin mahal harga loot box, akan semakin bagus item yang didapatkan oleh pemain tersebut. Hal seperti inilah yang dianggap sebagai perjudian, karena memberikan kesempatan kepada pemain untuk menang berdasarkan pada keberuntungan.

Meski hingga saat ini belum ada negara yang benar-benar mengatur microtransaction melalui undang-undang, tetapi semakin kesini semakin banyak negara yang tampaknya peduli terhadap masalah ini. Jerman menjadi salah satu negara yang memperdebatkan hal ini. Wolfgang Kreifsig, ketua Komisi Perlindungan Pemuda (Youth Protection Commision) mengatakan bahwa, “Saya rasa bisa dibayangkan bahwa loot box melanggar aturan terkait judi untuk anak di bawah usia dan kelompok minoritas.”

Bulan Maret diperkirakan akan menjadi batas akhir keputusan yang akan dikeluarkan oleh pihak otoritas Jerman. Tetapi, perdebatan ini pun masih belum spesifik mengenai bagaimana kedepannya loot box akan diatur. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Hamburg menunjukan data bahwa minoritas pemain game, seperti yang dimaksud oleh Wolfgang, merupakan penyumbang besar hasil penjualan loot box. Dengan ini mungkin aturan mengenai loot box akan lebih spesifik pada ‘minoritas’ tersebut.

Jerman sendiri merupakan negara besar yang industri video gamenya menyumbangkan angka hingga $4 miliar per tahun. Selain itu Jerman juga merupakan rumah bagi Gamescom, sebuah ajang tahunan yang cukup besar dalam industri video game. Dengan adanya aturan yang mengatur loot box, ini akan menjadi sesuatu yang dramatis bagi Jerman. Tidak menutup kemungkinan juga ketika aturan serupa akhirnya disahkan oleh salah satu negara, hal ini akan merembet dan membuat negara lain juga melakukan hal sama.

Leave a Reply