Liga Spanyol, Atletico Madrid Tahan Imbang Real Madrid 1-1

Real Madrid

Tak ada pemenang di derby Madrid. Real Madrid yang dominan sempat unggul, namun Atletico Madrid membalas. Skor akhirnya 1-1.

Menjamu Atletico di Santiago Bernabeu, Minggu (8/4/2018) malam WIB dalam lanjutan Liga Spanyol, Madrid langsung mengambil inisiatif menguasai permainan selepas kick-off. Kedua tim saling menciptakan peluang bagus di babak pertama, tapi tak ada yang berhasil menuntaskannya jadi gol.

Baru di babak kedua gol tercipta. Cristiano Ronaldo membawa tuan rumah memimpin di menit ke-53 usai menyambar umpan Gareth Bale dengan tendangan first time.

Tapi Atletico merespons tak lama kemudian, tepatnya empat menit berselang. Sepakan Antoine Griezmann menyambut sodoran Vitolo bersarang di gawang Keylor Navas.

Kedua tim sama-sama punya momen bagus di sisa waktu pertandingan, tapi tak ada gol lain tercipta. Dengan hasil ini, Atletico masih tetap di posisi dua namun kini dengan nilai 68, tertinggal 11 poin dari Barcelona di posisi teratas.

Sementara Madrid sementara masih di urutan ketiga dengan nilai 64 dari 31 laga. Mereka berisiko dilewati Valencia yang cuma berjarak dua poin, yang baru akan bertanding menghadapi Espanyol, Senin (9/4) dinihari nanti.

Jalannya Pertandingan

Madrid memulai dengan berinisiatif menguasai permainan. Di menit ketujuh, tembakan Marcelo menyambut bola liar dari sepak pojok masih membentur Stefan Savic.

Dari sepak pojok, Madrid kembali mengancam. Bola lambung dari sisi kiri dibelokkan Gareth Bale dan mengarah ke Ronaldo di tiang jauh. Sontekan Ronaldo masih mampu diamankan Jan Oblak.

Semenit berselang, Madrid meminta penalti kepada wasit setelah Toni Kroos terjatuh dalam duel dengan Juanfran. Namun wasit tak menganggap kejadian itu sebagai pelanggaran.

Sepakan Ronaldo di menit ke-20 masih bisa diatasi Oblak. Atletico merespons dengan serangan dari sisi kanan yang dibangun Juanfran. Namun Koke yang menerima bola di tengah kotak penalti kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

Madrid kembali mengancam dari bola mati. Raphael Varane menyambar bola liar di dalam kotak penalti menyusul tendangan bebas Kroos, tapi bisa dihalau Oblak. Bola dikuasai Ronaldo dan coba mengirim umpan silang, tapi gagal ditanduk Bale di depan gawang.

Atletico punya peluang bagus di menit ke-30. Diego Costa lepas dari jebakan offside dan menerima umpan terobosan Koke di sisi kanan di dalam kotak penalti. Sepakan kerasnya bisa ditepis Keylor Navas ke luar lapangan.

Madrid nyaris mencetak gol di menit ke-42. Marcelo menusuk ke tengah dari sisi kiri dan melepaskan tembakan dengan kaki kanan. Bola meluncur melengkung dan menghantam mistar gawang,

Pantulan lantas dikuasai Dani Carvajal dan langsung diteruskan dengan sepakan keras. Kali ini bola mentah di tangan Oblak. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Madrid memimpin di menit ke-53. Bale menguasai bola di sisi kiri dan melepaskan umpan lambung ke tiang jauh. Bola gagal diantisipasi dengan baik oleh bek Atletico, memudahkan Ronaldo menyambarnya dengan sepakan first time ke pojok kiri bawah gawang.

Atletico mengancam di menit ke-57 lewat sepakan Saul Niguez. Tembakannya bisa ditahan Navas. Tapi tak lama berselang, Atletico mampu menyamakan kedudukan.

Antoine Griezman menusuk dari tengah lalu memberikan umpan terobosan ke Vitolo. Vitolo lantas menyodorkan bola kembali ke Griezmann, melewati Navas yang berusaha menerjang. Griezmann menuntaskannya dengan sepakan keras ke dalam gawang.

Atletico nyaris berbalik unggul di menit ke-59. Umpan silang Saul gagal dibuang dengan sempurna oleh pertahanan Madrid dan bola jatuh di kaki Koke. Koke mengarahkan bola deras ke gawang, namun ditepis dengan cemerlang oleh Navas.

Atletico kembali mengancam di menit ke-70. Dalam sebuah serangan balik, Griezmann menyodorkan bola ke Saul di sisi kanan. Saul sempat menahan bola, lalu bergerak ke tengah dan melepas tembakan mendatar. Masih tipis di sisi kiri gawang.

Percobaan dari Luka Modric di menit ke-77 cuma melebar. Sementara upaya lain dari Kroos 10 menit berselang melambung.

Tendangan bebas Sergio Ramos di menit ke-91 masih mampu ditepis Oblak. Dari sepak pojok, Ramos kembali mengancam. Kali ini sundulannya melebar.

Tak ada gol lain sampai pertandingan tuntas.

Susunan pemain:

Madrid: Keylor Navas; Daniel Carvajal, Sergio Ramos, Raphael Varane, Marcelo; Lucas Vazquez, Toni Kroos, Mateo Kovacic (Modric 72′), Marco Asensio (Isco 72′); Cristiano Ronaldo (Benzema 674), Gareth Bale

Atletico: Jan Oblak; Juanfran, Stefan Savic, Diego Godin, Lucas Hernandez; Vitolo (Correa 61′), Thomas Partey (Gameiro 82′), Saul Niguez, Koke; Antoine Griezmann, Diego Costa (Gabi 71′)

Hasil dan Klasemen Liga Spanyol

Barcelona berhasil lari kencang di puncak klasemen setelah menang atas Leganes. Sementara itu, Derby Madrid berakhir imbang.

Hat-trick Lionel Messi membawa Barca meraih tiga poin di pekan ke-31 La Liga setelah mengalahkan Leganes 3-1 di Camp Nou, Minggu (8/4/2018) dini hari WIB. Satu-satunya gol dari tim tamu dicetak oleh Nabil El Zhara.

Kemenangan ini membuat Blaugrana dengan nyaman memuncaki klasemen. Mereka unggul 11 angka dari Atletico Madrid sebagai rival terdekat.

Jarak ini menjadi lebar setelah Atletico ditahan imbang 1-1 oleh Real Madrid dalam laga yang bertajuk Derby Madrid di Santiago Bernabeu, Minggu (8/4/2018). Sempat tertinggal 0-1 lewat gol Cristiano Ronaldo, Atletico mampu memaksa hasil imbang lewat gol Antoine Griezmann.

Hasil imbang ini sekaligus membuat posisi El Real melorot ke peringkat empat dengan poin 64. Tim asuhan Zinedine Zidane disusul oleh Valencia yang menang 1-0 saat menjamu Espanyol di Mestalla, Senin (9/4/2018).

Hasil Liga Spanyol

Deportivo La Coruna 3 – 2 Malaga
Alaves 2 – 0 Getafe
Celta Vigo 4 – 0 Sevilla
Real Betis 2 – 0 Eibar
Barcelona 3 – 1 Leganes
Levante 2 – 1 Las Palmas
Real Madrid 1 – 1 Atletico Madrid
Real Sociedad 5 – 0 Girona
Valencia 1 – 0 Espanyol
Villarreal ? – ? Athletic Bilbao (belum bertanding)

Klasemen Liga Spanyol

Leave a Reply