Liga Europa, Arsenal Sukses Kalahkan CSKA Dengan Skor 4-1

Liga Europa

Arsenal memperbesar peluang lolos ke semifinal Liga Europa. Di leg pertama perempatfinal, The Gunners menang telak 4-1 atas klub Rusia, CSKA Moskow.

Menjamu CSKA di Emirates Stadium, Jumat (6/4/2018) dinihari WIB, Arsenal tampil mendominasi sejak awal sampai akhir. Tim tuan rumah mendapatkan banyak sekali peluang untuk mencetak gol.

Lima gol pada pertandingan ini tercipta dalam 35 menit pertama. Aaron Ramsey dan Alexandre Lacazette masing-masing menyumbangkan dua gol untuk Arsenal, sementara satu gol balasan CSKA dicetak oleh Aleksandr Golovin.

Arsenal sebenarnya punya banyak peluang di babak kedua, tapi tak satu pun yang bisa dimaksimalkan. Andai penyelesaian mereka lebih baik, masing-masing dari Ramsey dan Lacazette bahkan bisa saja mengukir hat-trick.

Kemenangan telak ini jadi modal bagus bagi Arsenal untuk menyambangi markas CSKA di leg kedua pada pekan depan. Sementara itu, CSKA harus menang minimal 3-0 untuk membalikkan keadaan.

Jalannya Pertandingan

Langsung tampil menekan, Arsenal berpeluang unggul di menit-menit awal. Henrikh Mkhitaryan, yang menerima umpan dari Mesut Oezil dari sisi kiri, melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, tapi arahnya sedikit menyamping.

Tim tuan rumah benar-benar unggul 1-0 saat laga memasuki menit kesembilan. Ramsey yang berdiri bebas di kotak penalti menuntaskan umpan mendatar Hector Bellerin dari sisi kanan dengan sebuah tembakan keras.

Akan tetapi, keunggulan Arsenal tak bertahan lama. CSKA mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-15 lewat Golovin. Berawal dari pelanggaran Laurent Koscielny di luar kotak penalti Arsenal, CSKA mendapatkan tendangan bebas. Golovin yang mengeksekusi tendangan bebas tersebut sukses mengirim bola ke pojok atas gawang tanpa bisa dijangkau Petr Cech.

Arsenal kembali memimpin pada menit ke-23 berkat penalti Lacazette. Penalti tersebut diberikan oleh wasit setelah Georgi Shchennikov dianggap melanggar Mesut Oezil. Lacazette menjalankan tugasnya sebagai algojo dengan baik dan berhasil mengecoh kiper Igor Akinfeev.

Berselang lima menit, Arsenal memperbesar keunggulannya menjadi 3-1 lewat gol kedua Ramsey. Mendapatkan umpan terukur dari Oezil, Ramsey dengan cerdik memakai sisi luar kakinya untuk melambungkan bola melewati jangkauan Akinfeev.

Arsenal mencetak gol keempatnya ketika laga berusia 35 menit. Lacazette kembali mencatatkan namanya di papan skor, kali ini dengan memaksimalkan umpan tarik Oezil dari sisi kiri.

Skor tak berubah hingga rampungnya babak pertama. Arsenal masih memimpin 4-1.

Arsenal tetap tampil ofensif pada babak kedua. Tim tuan rumah berpeluang menambah gol di menit ke-56, tapi tembakan keras Mkhitaryan ditepis oleh Akinfeev. Ramsey mencoba memanfaatkan bola rebound, tapi tembakannya tak menemui sasaran.

Memasuki menit ke-64, CSKA mengancam gawang Arsenal. Tembakan Pontus Wernbloom memaksa Cech melakukan penyelamatan. Alan Dzagoev kemudian menanduk bola muntah ke dalam gawang, tapi dia lebih dulu terjebak offside.

Lacazette menyia-nyiakan kesempatan untuk mengukir hat-trick pada menit ke-67. Dia sebenarnya tinggal menceploskan bola ke gawang kosong setelah menerima umpan matang dari Alex Iwobi, tapi sontekannya malah tak mengarah ke gawang.

Peluang yang didapatkan oleh Oezil pada menit ke-73 juga tak berujung gol. Tembakan pemain asal Jerman itu masih bisa dimentahkan oleh Akinfeev.

Ramsey juga tak mampu memaksimalkan peluang untuk menciptakan hat-trick. Tembakannya di menit ke-77 sebenarnya berada di luar jangkauan Akinfeev, tapi bola mengenai tiang gawang.

Pemain pengganti Danny Welbeck juga mendapatkan kesempatan. Namun, Welbeck gagal menuntaskan operan dari Ramsey karena Akinfeev dengan sigap menggagalkannya.

Skor akhirnya tak berubah sampai peluit panjang berbunyi. Permainan berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan Arsenal.

Susunan Pemain

Arsenal: Cech; Bellerin, Mustafi, Koscielny, Monreal; Xhaka, Ramsey; Mkhitaryan (Iwobi 61′), Wilshere (Elneny 75′), Oezil; Lacazette (Welbeck 75′)

CSKA Moskow: Akinfeev; Schennikov, A.Berezutski, V.Berezutski, Ignasevich, Kuchaev; Dzagoev (Vitinho 64′), Natcho (Milanov 74′), Wernbloom, Golovin; Musa (Khosonov 83′)

Leave a Reply