Lewati Messi Dan Ronaldo, Harry Kane Pemain Tersubur Tahun 2017

Harry Kane resmi tercatat sebagai pemain terproduktif di 2017. Striker Tottenham Hotspur dan timnas Inggris itu melewati catatan gol Lionel Messi.

Sebelum Spurs memainkan laga Boxing Day melawan Southampton, Kane sudah mengoleksi 53 gol di level klub dan timnas. Dia butuh satu gol untuk menyamai jumlah gol Messi (54).

Kane akhirnya menutup tahun 2017 dengan mencetak gol. Bukan satu atau dua, tapi tiga gol sekaligus dibuat Kane saat Spurs menang 5-2 atas Southampton di Stadion Wembley, Selasa (26/12/2017) malam WIB.

Itu berarti Kane total mencetak 56 gol di sepanjang tahun 2017. Rinciannya adalah 49 gol untuk Spurs dan tujuh gol untuk timnas Inggris.

Kane menghasilkan 56 gol tersebut dalam 52 kali penampilan. Dengan demikian, striker berusia 24 tahun itu punya rata-rata mencetak 1,08 gol per pertandingan. Kane pun menjadi satu-satunya pemain di daftar lima besar pemain dengan jumlah gol 50 atau lebih yang punya rataan lebih dari satu gol per laga.

Pemain tersubur (dengan 50 gol atau lebih) di 2017 seperti dikutip dari situs UEFA:

56 Harry Kane (52 penampilan, 1,08 gol per laga)
54 Lionel Messi (64 penampilan, 0,84 gol per laga)
53 Robert Lewandowski (55 penampilan, 0,96 gol per laga)
53 Cristiano Ronaldo (59 penampilan, 0,89 gol perlaga)
53 Edinson Cavani (62 penampilan, 0,85 gol per laga)

Pemain Tertajam Tahun Ini

Laga Tottenham Hotspur kontra Southampton akan berarti spesial untuk Harry Kane. Sebab Kane bisa jadi pemain tertajam sepanjang tahun ini.

Spurs akan menutup tahun 2017 dengan menghadapi Southampton di Wembley, Selasa (26/12/2017) malam WIB nanti. Setelah itu Spurs baru akan bertanding lagi pada 3 Januari mendatang. Kesempatan meraih tiga poin tentu tak boleh terlewatkan.

Apalagi persaingan di papan atas begitu ketat terutama perebutan posisi empat besar yang kini dihuni Manchester United, Chelsea, dan Liverpool. Karena performa yang naik-turun, Spurs kini tertahan di posisi kelima dengan 34 poin, selisih satu poin dari The Reds di urutan keempat.

Tak cuma untuk Spurs, laga melawan Southampton juga jadi kesempatan terakhir Kane menambah golnya tahun ini. Pasalnya dia cuma berjarak dua gol lagi untuk jadi pemain dengan jumlah gol terbanyak tahun ini bersama klub dan timnas.

Kane saat ini punya 53 gol (dengan rincian 46 gol bersama Spurs dan tujuh gol bareng timnas Inggris), setara dengan Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski, dan Edinson Cavani. Akhir pekan kemarin Kane mencetak hat-trick ke gawang Burnley.

Memuncaki daftar topskorer Premier League dengan 15 gol – bareng Mohamed Salah – dan baru saja bikin trigol, bisakah Kane melewati pemain tertajam sementara tahun ini, Lionel Messi, yang bikin 54 gol?

Selain itu Kane juga bisa melampaui rekor Alan Shearer sebagai pemain Inggris tertajam di liga selama setahun. Saat ini Kane dan Shearer sama-sama punya 36 gol.

Tapi patut diingat juga bahwa Southampton bukan lawan yang mudah untuk Kane. Menurut Transfermarkt, dari sembilan pertemuan Kane cuma bisa mencetak dua gol ke gawang The Saints meski membuat tiga assist.

Leave a Reply