Lembaga Sensor Film: Tidak Ada Pemotongan Durasi Avengers: Infinity War

Avengers: Infinity War

Ketua LSF (Lembaga Sensor Film) Ahmad Yani Basuki menjelaskan bahwa pihaknya menerima Film Avengers: Infinity War berdurasi 149 menit dari importir film.

Saat dihubungi Kompas.com, Yani mengatakan bahwa film yang dibintangi Robert Downey Jr itu sudah lulus sensor untuk penonton usia 13 tahun ke atas.

“Jadi gini, film tersebut sudah disensorkan LSF beberapa hari yang lalu, dan dinyatakan lulus 13 tahun ke atas, dan tidak ada pemotongan, durasi yang dikirim memang 149 menit,” kata Yani, Senin (16/4/2018).

Menurut dia, dari pihak LSF sendiri menerima master film tersebut dari importir.

“(Importir) bukan dari LSF. LSF itu hanya menyensor aja. Film-film itu kan ranahnya pegiat dan pengusaha perfilman,” ujarnya.

Berdasarkan informasi di imdb.com, film yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch berdurasi 156 menit. Durasi tersebut lebih panjang 7 menit dari durasi yang diterima LSF, yakni 149 menit.

“Ya kalau kami terima apa adanya, panjangnya 149 menit,” ucap Yani menegaskan.

Yani menegaskab, LSF hanya bertugas menyensor film sebelum disebarkan untuk ditonton masyarakat.

“LSF itu lembaga yang melakukan penyensoran sebelum film-film itu ditayangkan kepada publik. Posisinya begitu,” ucapnya.

Sang Sutradara Kaget Soal Pemotongan Di Indonesia

Sutradara film Avengers: Infinity War, Joe Russo, terkejut mendengar kabar bahwa durasi filmnya dipotong tujuh menit untuk pemutaran di Indonesia pada 25 April 2018 mendatang.

Berdasarkan laman lsf.go.id yang dikutip Kompas.com, Sabtu (14/4/2018), film Avengers: Infinity War di Indonesia tercantum berdurasi 149 menit. Tujuh menit lebih pendek dari durasi yang tertulis dalam laman IMDB.com, yakni 156 menit.

“Jujur saja saya terkejut,” kata Russo dalam konferensi pers film Avengers: Infinity War di Marina Bay Sands, Singapura, Minggu (15/4/2018).

Meski demikian Russo juga mengatakan bahwa sensor adalah kebijakan masing-masing negara.

Pernyataannya itu menjawab seorang YouTuber asal Indonesia, Jovial da Lopez, yang bertanya adegan apa yang bakal ia hilangkan jika harus memotong Avengers: Infinity War selama tujuh menit.

“Saya tak bisa membayangkan hal tersebut karena itu (kebijakan sensor) berbeda-beda di tiap negara,” ucap Russo.

Namun, ia menambahkan sebenarnya tak satu pun sutradara maupun pemain di dunia ini yang ingin karya mereka dipotong atau dihilangkan beberapa bagian.

“Saya, juga para artis, tentunya tak mengharapkan ada bagian dari film kami dihilangkan,” kata Russo.

“Tenang Joe, kau tak sedang membuat adegan airport (Civil Wars),” celetuk aktor pemeran Doctor Strange, Benedict Cumberbatch, dengan nada berkelakar.

“Saya rasa yang disensor semua adegan Iron Man ha-ha-ha,” timpal aktris Karen Gillan, pemain karakter Nebula, sembari tertawa.

Kata-kata Gillan itu mengundang tawa para awak media yang hadir. Pemeran Iron Man, Robert Downey Jr, pun langsung membalasnya dengan candaaan.

“Aku tak masalah jika itu benar bagianku. Aku akan menunjukkan tujuh menit tersebut kepada kalian,” ujar Downey Jr lalu berdiri seakan ingin memeragakan adegan dalam film Avengers: Infinity War yang membuat orang-orang tertawa.

Leave a Reply