Lawan Celta Vigo, Dembele Akhirnya Bikin Gol Di La Liga Setelah 13 Laga

Dembele

Ousmane Dembele mungkin tak menduga dia harus menunggu sampai bulan April untuk mencetak gol pertamanya di La Liga. Penantian panjang dia tuntas.

Dembele dibeli mahal dari Borussia Dortmund pada musim panas lalu. Untuk mengangkutnya ke Camp Nou, Barca harus menyetor US$ 150 juta, sekitar Rp 2 triliun.

Meski bikin satu assist pada laga debut di Liga Spanyol, Dembele kemudian harus absen panjang. Pemain asal Prancis itu menderita dua cedera beruntun yang memaksa dia lebih banyak berada di ruang perawatan. Dalam periode tengah September sampai awal Februari dia cuma main dua kali.

Sejak kembali dari cedera, Dembele pelan-pelan berkontribusi pada Barcelona di La Liga. Ada empat assist dia buat dalam tujuh laga terakhir. Tapi untuk gol, baru dinihari tadi dia membuatnya.

Dalam lawatan Barcelona ke Celta Vigo, Demebele mencetak gol pembuka Barca di menit 36. Tapi gol tersebut tak cukup memberi Barca kemenangan karena laga tuntas sama kuat 2-2.

Dembele mencetak gol pertamanya pada laga ke-13 yang dia lakukan di La Liga, di mana dalam periode tersebut dia bermain 659 menit.

Termasuk gol ke gawang Chelsea di babak 16 besar Liga Champions, Dembele pelan-pelan membuktikan kalau dia pantas dihargai mahal. Pada musim terakhirnya bersama Dortmund, Dembele mencetak `10 gol dan membuat 21 assist.

Turunkan Pemain-Pemain Pelapis Lawan Celta, Ini Alasan Valverde

Ernesto Valverde banyak melakukan rotasi saat Barcelona bertandang ke markas Celta Vigo. Pelatih Barca itu menjelaskan alasannya.

Barcelona gagal meraih poin penuh saat bertandang ke markas Celta di Estadio Municipal de Balaidos, Rabu (18/4/2018) dinihari WIB, dalam pekan ke-33 La Liga.

Sempat dua kali unggul lewat gol-gol Ousmane Dembele dan Paco Alcacer, Barca harus puas bermain imbang 2-2 setelah Celta dua kali pula mengimbangi lewat gol-gol Jonny dan Iago Aspas. Pada laga ini, Barca kehilangan Sergi Roberto yang dikartu merah pada babak kedua.

Di laga ini Barca menurunkan banyak pemain pelapis. Nama-nama seperti Yerry Mina, Thomas Vermaelen, Lucas Digne, Denis Suarez, Andre Gomes, dan Alcacer yang jarang mendapat kesempatan bermain turun sebagai starter. Sementara itu, Lionel Messi baru dimainkan di menit ke-60 saat skor masih 1-1.

Valverde menjelaskan alasannya menurunkan banyak pemain pelapis di laga ini, meski sejatinya Barca harus menang untuk menjaga jarak dengan Atletico Madrid dalam perburuan gelar liga. Dia menyebut Final Copa del Rey menjadi faktor utamanya.

“Ketika kami bermain di sini pada Januari lalu, di Copa del Rey, kami juga membuat banyak perubahan. Pekan ini, mengingat pertandingan-pertandingan yang kami jalani akhir-akhir ini dan final pada Sabtu nanti, saya ingin membuat beberapa perubahan,” kata Valverde seperti dikutip dari ESPN.

“Membuat banyak perubahan selalu ada risiko, tapi saya pikir ini adalah waktu yang tepat. Saya pikir kami dalam kondisi yang baik untuk pertandingan hari Sabtu ini. Jadi mari kita lihat apakah kami bisa memberi (trofi) ke suporter kami,” sambungnya.

Hasil ini gagal memperbaiki catatan buruk Barca di kandang Celta yang sudah tak pernah menang sejak April 2015. Barca juga gagal menjaga jarak dengan Atletico dalam perburuan gelar La Liga.

Blaugrana kini memimpin klasemen dengan 83 poin dari 33 laga, unggul 12 angka dari Atletico yang baru main 32 kali. Jarak 12 poin bisa terpangkas menjadi sembilan angka jika rivalnya itu menang atas Real Sociedad pada Jumat (20/4/2018) dinihari WIB.

Di laga selanjutnya Barcelona akan bertemu dengan Sevilla di final Copa del Rey yang akan berlangsung di Wanda Metropolitano, Minggu (22/4/2018) dinihari WIB.

Gol Handball Aspas Bikin Pendukung Barcelona Berang

Barcelona hanya bermain imbang 2-2 saat bertamu ke Celta Vigo. Suporter Barca dibuat geram lantaran gol penyama yang dilesakkan Iago Aspas terindikasi handball.

Bermain tanpa banyak pemain bintangnya, Barcelona kembali gagal menang saat bertamu ke Celta Vigo. Hasil 2-2 dari laga tersebut memperpanjang catatan tak pernah menang Blaugrana di sana yang sudah bertahan sejak 2015.

Barcelona dua kali unggul melalui Ousmane Dembele dan Francisco Alcacer. Kubu tuan rumah menyamakan kedudukan lewat gol Jonny dan Iago Aspas.

Adalah gol Aspas yang kemudian jadi kontroversi. Dalam tayangan ulang terlihat Aspas sempat menyentuh bola dengan tangannya sesaat sebelum bola masuk ke gawang.

Kejadian itu membuat banyak fans Barca berang. Melalui media soasial mereka memprotes gol itu.

Hasil imbang dengan Celta Vigo belum menggoyahkan posisi Barcelona di puncak klasemen. Skuat besutan Ernesto Valverde juga masih menjaga rekor belum terkalahkan di La Liga musim ini.

Leave a Reply