Langit Di London Berubah Menjadi Warna Kuning, Ada Apa Ya?

Tak seperti biasanya, langit di kota London, Inggris tampak menguning. Hal ini disebabkan karena kebakaran hebat yang melanda beberapa wilayah di Spanyol dan Portugal.

Dilansir laman Tribunnews dari Reuters, tentunya kebakaran hebat tersebut berdampak besar pada beberapa wilayah di benua Eropa. Belum lagi badai Ophelia kabarnya melanda beberapa wilayah di Irlandia.

Beberapa bencana alam ini rupanya berdampak pada kota London, Inggris. Warna langit kota tersebut berubah total. Pada Selasa (17/10), langit-langit kota London tak terlihat biru cerah, melainkan agak kekuningan.

Cahaya matahari juga terlihat tertutup awan gelap. Diduga perubahan warna langit ini disebabkan oleh perpaduan pasir gurun Sahara yang terbawa oleh badai Ophelia dan bercampur dengan asap kebakaran di Portugal dan Spanyol.

“Sepertinya Ophelia telah datang dari Azores, badai (ini) telah mengambil debu Sahara dari Afrika Utara dan mengambil debu dari kebakaran hebat di Spanyol dan Portugal,” kata seorang juru bicara untuk Kantor Meteorologi Inggris, Selasa (17/10).

“Rona kekuning-kuningan ini berasal dari debu yang tinggi di atmosfer dan elemen biru dari sinar matahari terserak oleh debu. Namun elemen merah berhasil masuk sehingga matahari tampak lebih redup dan Anda mendapatkan nada kekuningan ini,” tambahnya.

Leave a Reply