Laga Ujicoba, Timnas Indonesia U-23 Ditahan Imbang Thailand

Laga Ujicoba

Timnas Indonesia U-23 belum bisa meraih kemenangan di laga ujicoba melawan Thailand. ‘Garuda Muda’ bermain imbang 0-0.

Pada pertandingan di Stadion Pakansari, Minggu (3/5/2018) malam WIB, Indonesia dan Thailand bermain imbang tanpa gol saat babak pertama. Peluang terbaik Indonesia terjadi pada menit ke-36.

Berawal dari beberapa kali sepak pojok, Hansamu Yama Pranata melakukan tendangan terarah dari luar kotak penalti. Arahnyanya ke pojok kanan atas gawang Thailand, yang bisa ditepis oleh kiper Nont Muangngam.

Empat menit berselang Thailand gantian yang mengancam. Mereka melakukan serangan cepat. Tanasith Siripala bisa meloloskan diri dari jebakan offside, lalu melewati penjaga gawang Indonesia, Muhammad Ridho.

Siripala tak bisa mendapat ruang tembak, dia memberi umpan tarik ke tengah kotak penalti. Bolanya disepak Montree Pomsawat, tapi bisa diblok. Tak ada gol hingga turun minum.

Thailand mengancam pada menit ke-55. Tendangan bebas Ratchanat Arunyapairot sudah tepat sasaran, tapi bisa diantisipasi oleh kiper Indonesia, yang baru masuk di babak kedua menggantikan Ridho, Teja Pakualam.

Tendangan dari Ratchanat membahayakan gawang Indonesia pada menit ke-75. Bolanya mengenai mistar gawang.

Indonesia mendapatkan peluang lewat tendangan bebas pada menit ke-85. Eksekusi Muhamad Hargianto terlalu tinggi, sudah keluar lapangan meski bisa ditanduk oleh Hansamu.

Upaya dari Ratchanat lewat tendangan bebas pada masa injury time juga belum membuahkan hasil. Arahnya masih menyampuing. Tak lama kemudian laga selesai.

Dengan hasil imbang ini, Indonesia belum memetik kemenangan dalam dua pertandingan melawan Thailand. Di laga sebelumnya yang berlangsung di Stadion PTIK, Kamis (31/5), mereka kalah 1-2. Timnas U-23 masih akan menjalani satu pertandingan ujicoba lagi pada 23 Juni mendatang. Korea Selatan yang akan menjadi lawannya.

Luis Milla Puji Kerja Keras Pemain

Meski tim nasional Indonesia U-23 gagal meraih kemenangan dari Thailand di laga ujicoba, Luis Milla tak terlalu kecewa. Timnas dinilai sudah menunjukkan determinasi.

Dalam laga yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (3/6/2018) Indonesia hanya bermain imbang 0-0. Tim ‘Merah Putih’ gagal membalas kekalahan 1-2 di laga ujicoba pertama yang dihelat di Stadion PTIK, Jakarta.

“Saya senang sekali dengan level kedua tim yang bisa bermain baik. Pertandingan ini juga berguna untuk melakukan evaluasi, selain itu perjuangan kami luar biasa,” kata Milla seusai laga.

“Kami sudah bisa menilai siapa pemain yang bagus buat tim, semua pemain mampu menunjukkan solidaritas yang bagus dan membantu satu sama lain,” imbuhnya.

Namun demikian, Milla mengaku memiliki catatan-catatan untuk perbaikan timnas U-23 ke depannya. Salah satunya soal kesulitan ketika membangun serangan-serangan.

“Pertandingan ini sarat taktik, laga pertama paling banyak passing ke dalam, tadi kami main keluar dan Thailand kesulitan.”

“Kami main bagus di pertahanan juga tapi jadi sulit membangun serangan, tetapi level kedua tim main bagus hari ini,” dia menambahkan.

Ini Alasan Luis Milla Tak Panggil Stefano Lilipaly untuk Bantu Timnas U-23

Stefano Lilipaly tampil bagus di Liga 1 musim ini, namun tak dipanggil memperkuat tim nasional Indonesia U-23. Luis Milla mengungkapkan alasannya.

Tidak ada nama Lilipaly dalam daftar skuat pemain senior yang dipangggil oleh Luis Milla untuk membantul timnas U-23. Pelatih asal Spanyol itu memilih memanggil beberapa pemain senior baru seperti Riko Simanjuntak dan Alberto Goncalves.

Hal inipun jadi pertanyaan, sebab Lilipaly sejauh ini tampil bagus bersama Bali United dengan koleksi enam gol dan dua assist. Milla menyebut timnas U-23 sudah punya pemain-pemain berkarakter seperti Lilipaly dengan kualitas yang tak kalah bagus.

Oleh karena itu, dia menggunakan jatah pemain senior untuk mengisi posisi lain yang masih perlu ditambal secara kualitas. Di posisi Lilipaly, timnas U-23 punya nama-nama seperti Evan Dimas, Septian David Maulana, dan Saddil Ramdani.

“Spekulasi yang sangat baik. Lilipaly adalah pemain bagus. Namun perlu diingat, kami hanya bisa bawa 3 pemain senior. Lilipaly pemain bagus. Tak ada keraguan soal itu,” kata Luis Milla.

“Pertama, kami butuh striker. Kami juga perlu kiper berpengalaman dan juga fokus untuk bek tengah,”

“Tapi paling penting kepribadian yang bagus, anak muda punya harmoni filosofi gaya bermain dan di luar gaya hidup yang baik. Pemain senior jadi contoh di luar dan dalam, saya analisis di luar sepakbola pemain senior bisa apa tidak jadi contoh,” paparnya.

Selama membentuk timnas U-23, Milla telah memanggil sejumlah pemain senior. Antara lain Ilija Spasojevic, Andritany Ardhiyasa, Lerby Eliandry, Riko Simanjuntak, Victor Igbonefo, Alberto Goncalves, Teja Paku Alam, dan M Ridho.

Leave a Reply