Laga Persahabatan, Timnas U-19 Ditundukkan Jepang 1-4

Laga Persahabatan

Timnas Indonesia U-19 menelan kekalahan saat berhadapan dengan timnas Jepang U-19 di laga persahabatan. Garuda Muda kalah 1-4 dari Jepang.

Di babak pertama, Indonesia ketinggalan 0-1 dari Jepang. Gol dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (25/3/2018) malam WIB, dibukukan oleh Ando Mizuki.

Jepang mencetak dua gol cepat di awal babak kedua. Yamada Kota membukukan gol pada menit ke-47 dari jarak dekat. Umpan tarik dari Hori Kenta bisa diselesaikan dengan jitu.

Semenit berselang, Miyashiro Taisei mampu membukukan gol dengan tendangan dari luar kotak penalti masuk mulus ke gawang yang dikawal oleh Muhamad Aqil Savik.

Timnas U-19 belum bisa lepas dari pressing tinggi yang dilakukan Jepang hingga menit ke-75. Beberapa kesalahan lini belakang membuat gawang Indonesia terancam.

Ando Mizuki mengancam pada menit ke-76. Dia tendangannya ari jarak dekat masih diblok pemain belakang Indonesia hingga masih menyamping.

Jepang mendapat penalti di menit ke-78. Julyano Nono melanggar Mizuki di dalam kotak penalti. Mizuki yang menjadi eksekutor membawa Jepang unggul 4-0.

Indonesia mengancam di masa injury time lewat Aji Kusuma. Tendangannya dari dalam kotak penalti meneruskan umpan terobosan masih bisa diantisipasi kiper Jepang, Osako Keisuke.

Aji Kusuma akhirnya membukukan gol pada menit ke-90+4. Dia memanfaatkan kesalahan backpass bek Jepang untuk membobol gawang Keisuke. Tak lama kemudian laga selesai, Indonesia kalah 1-4 dari Jepang.

Susunan Pemain

Indonesia U-19: Aqil Savik, Kadek Raditya, Firza Andhika, Rachmat Irianto, Rifad Marasabessy (Nono 57), M. Lutfi, Abimanyu (Iqbal 57), Saddil, Egy Maulana (Witan 72), Feby Eka, Hanis Saghara

Jepang U-19: Osako Keisuke, Ishihara Hirokazu, Hashioka Daiki, Kawai Ayumu, Kobayashi Yuki, Higashi Sunki, Hori Kenta, Ito Hiroki, Yamada Kota (Goke Yuta 61), Ando Mizuki, Miyashiro Taisei

Pelajaran Berharga Dari Jepang

Timnas Indonesia U-19 kalah 1-4 dari Jepang U-19 di laga uji coba. Pelatih Bima Sakti menyebut timnya mendapat pelajaran berharga dari laga ini.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Minggu (25/3/2018), Indonesia kesulitan menghadapi Jepang sejak menit pertama. Di babak pertama pun, Egy Maulana Vikri dkk. tertinggal 0-1 usai dibobol Miyashiro Tasei.

Di babak kedua, Indonesia kebobolan tiga gol lagi lewat Tasei yang mencetak gol keduanya, Kota Yamada, dan penalti Ando Mizuki. Indonesia cuma membalas lewat gol Aji Kusuma di masa injury time.

Di laga tersebut, Indonesia bermain kurang gereget. Pressing ketat dari Jepang di babak kedua membuat tim Merah Putih praktis kewalahan dan tak mampu mengembangkan permainan.

Seusai pertandingan, Bima Sakti menilai timnas U-19 mendapat pelajaran berharga dari tim sekelas Jepang. Ia berharap di laga-laga selanjutnya bisa tampil lebih baik lagi.

“Ini menjadi pembelajaran berharga buat kami. Harapannya bisa mengambil pelajaran dan hal positif di lapangan,” kata Bima di konferensi pers.

Bima mengatakan, Indonesia sebenarnya coba mengantisipasi permainan Jepang. Namun kualitas Jepang membuat mereka bisa balik menekan usai membaca strategi Indonesia.

“Sempat lihat pas mereka lawan Cilegon (Cilegon United). Memang Jepang mainnya menunggu baru kemudian melakukan pressing. Persiapan sudah coba, tadi kami main terlalu rapat (antarpemain) dan mereka bisa mencari mana yang melakukan kesalahan,” Bima menambahkan.

Laga ini menjadi persiapan Indonesia menatap Piala Asia U-19 Oktober mendatang. Indonesia menjadi tuan rumah di ajang tersebut.

“Bulan depan kami akan melakukan persiapan lagi. Kami akan evaluasi hasil pertandingan ini,” ia menegaskan.

Leave a Reply