Laga Persahabatan, Jerman Ditundukkan Austria 1-2

Jerman

Jerman mendapatkan hasil negatif pada laga pemanasan menjelang Piala Dunia 2018. Sempat unggul lebih dulu, Die Mannschaft akhirnya ditundukkan Austria dengan skor 1-2.

Pada pertandingan di Woertherseestadion, Klagenfurt, Austria, Minggu (3/6/2018) dinihari WIB, Jerman sebenarnya sempat memimpin berkat gol Mesut Oezil. Akan tetapi, Austria mampu membalikkan keadaan dengan mencetak dua gol balasan lewat Martin Hinteregger dan Alessandro Schoepf.

Laga melawan Austria merupakan momen kembalinya Manuel Neuer, yang sebelumnya mengalami patah tulang di kakinya. Pada laga comeback-nya, Neuer bermain penuh di bawah mistar Jerman.

Jerman memakai formasi 4-2-3-1 dengan memainkan Nils Petersen sebagai ujung tombak. Di belakang Petersen ada trio Oezil, Leroy Sane, dan Julian Brandt. Tim tamu tampil mendominasi dengan lebih banyak menguasai bola.

Oezil membawa Jerman unggul lewat golnya di menit ke-11. Kiper Austria, Joerg Siebenhandl, melakukan kesalahan fatal karena membuang bola dengan tak sempurna. Si kulit bundar malah mengarah ke Oezil, yang tak menyia-nyiakan kesempatan dan mencetak gol lewat tembakan akuratnya.

Kelengahan barisan belakang Jerman dimanfaatkan oleh Austria untuk menyamakan kedudukan di menit ke-53. Berawal dari sepak pojok yang diambil David Alaba, Hinteregger menyambut bola dengan tembakan dari sudut sempit untuk menaklukkan Neuer. Skor berubah jadi 1-1.

Austria berbalik unggul pada menit ke-69 setelah Schoepf mencetak gol. Schoepf menyambar umpan tarik dari Stefan Lainer untuk menggetarkan gawang Jerman.

Sebelum terjun ke Piala Dunia 2018, Jerman akan menjalani satu pertandingan pemanasan lagi, yaitu melawan Arab Saudi pada 8 Juni. Setelahnya, tim besutan Joachim Loew itu akan bertarung melawan Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan di Grup F Piala Dunia 2018.

Susunan Pemain
Austria: Siebenhandl; Lainer, Hinteregger, Proedl, Dragovic; Baumgartlinger, Grillitsch (Ilsanker 79′); Zulj (Kainz 88′), Schoepf (Bauer 76′), Alaba; Arnautovic (Burgstaller 84′)

Jerman: Neuer; Kimmich, Suele, Ruediger, Hector; Khedira (Rudy 46′), Guendogan (Goretzka 56′); Sane (Reus 67′), Oezil (Draxler 76′), Brandt (Werner 67′); Petersen (Gomez 76′)

Comeback, Neuer Bikin Lima Penyelamatan

Manuel Neuer menandai comebacknya dengan kekalahan usai Jerman ditumbangkan Austria. Namun, Neuer tampil impresif dengan membuat sejumlah penyelamatan penting.

Kiper Jerman berusia 32 tahun itu akhirnya kembali merumput setelah absen selama tujuh bulan akibat retak tulang metatarsal pada September 2017. Meski begitu, Neuer gagal menghindarkan timnya dari kekalahan 1-2 dalam laga ujicoba di Stadion Woethersee, Minggu (3/6) dinihari WIB.

Ini adalah kekalahan kedua beruntun bagi Jerman setelah ditekuk Brasil 0-1, akhir Maret lalu. Dengan begini, sang juara bertahan Piala Dunia gagal menang di lima pertandingan ujicoba terakhir sejak menang 5-0 atas Azerbaijan di laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia, Oktober 2017.

Menghadapi Austria, Die Mannschaft sempat memimpin lebih dahulu berkat gol Mesut Oezil di menit ke-11, keunggulan yang mampu dijaga sampai jeda pertandingan. Namun, Austria berhasil membalikkan keunggulan dengan mencetak dua gol balasan melalui Martin Hinteregger dan Alessandro Schopf.

Di pertandingan itu, Neuer bermain selama 90 menit tanpa cedera. Kiper Bayern Munich itu membuat lima penyelamatan, termasuk menghalau sepakan jarak dekat Florian Grillitsch di dekat tiang pada babak pertama.

“Mengkhawatirkan Manuel Neuer, iya. Saya pikir, tadi adalah comeback yang sangat memuaskan,” puji pelatih Jerman Joachim Loew, sebagaimana dikutip¬†Omnisport.¬†“Dia tidak bermasalah dengan kakinya setelah pertandingan, itu penting.”

“Dan yang kedua adalah dia bereaksi bagus di banyak situasi, dia bereaksi dengan cepat. Anda tidak menyangka dia tidak bermain selama beberapa waktu, dan itulah mengapa saya sepenuhnya puas dengan apa yang saya lihat dari Manuel pada hari ini.”

Leave a Reply