Kuldhara, Kota Yang Terkena Kutukan Dan Penduduknya Lenyap Dalam Semalam

Kuldhara

Ada banyak sekali misteri yang tak bisa dipecahkan di dunia ini, sebut saja seperti segitiga Bermuda yang menelan banyak korban, atau Baia, kota yang musnah dan tenggelam karena kelakuan penduduknya yang dinilai ‘penuh dosa’.

Well, kali ini masih bersinggungan dengan kota yang hilang. Jika di Indonesia ada nama Saranjana (di Kalimantan) dan Wentira (di Sulawesi) yang disebut sebagai kota gaib yang punya kekayaan yang berlimpah dan peradabannya maju. Di India, ada kota serupa yang disebut sebagai kota gaib dan musnah dalam semalam. Namun, kota ini lebih mirip Baia yang lenyap secara misterius. Hingga kini ada banyak pendapat yang menyebabkan hilangnya peradaban di sana.

Adalah Kuldhara, daerah kuno di Rajasthan, India yang sudah tak berpenghuni. Di sana hanya ada kelelawar dan serigala gurun menempati rumah-rumah, kuil serta tempat yang dulunya penuh dengan manusia. Namun bangunan dari batu dan pasir tetap tegak berdiri. Pun dengan sumur dan ruang bawah tanah. Kisahnya menjadi misteri.

Jika melihat sejarah ke belakang, maka kota ini sebenarnya telah berdiri selama lebih dari 500 tahun. Penduduk yang mendiami wilayah tersebut juga sekitar 1.500 jiwa. Namun, dalam semalam mereka lenyap, entah mati atau diculik hingga sekarang tak pernah ada yang tau kisahnya secara jelas.

Ada satu versi yang cukup populer di masyarakat, penduduk yang ada melarikan diri dari seorang pemimpin bernama Salim Singh yang bertindak semena-mena terhadap mereka. Perdana Menteri kejam tersebut memaksa rakyat untuk membayar upeti dalam jumlah besar hingga meletusnya perang dan mereka akhirnya dievakuasi. Dengan ditinggalkannya kota ini maka tempat tersebut berubah menjadi ‘kota mati’ yang dikutuk oleh penduduknya sendiri.

Semua yang mencoba tinggal di Khuldara juga akan meninggal secara tragis. Beberapa paranormal yang mencoba memecahkan misteri ini mengakui jika ia diganggu oleh makhluk dari bangsa lain, mereka yakin arwah  yang meninggal tetap meninggali tempat tersebut dan menjadi penjaga di sana.

Hingga sekarang yang tinggal hanyalah puing-puing bangunan saja. Meskipun mempesona, karena misteri dan mitos kutukan tak ada orang yang berani menginjakkan kakinya di sana. Bahkan sebagian orang menyebutnya sebagai kota hantu, karena walaupun kosong tempat ini menyeramkan.

Leave a Reply