Kualifikasi Piala Dunia, Italia Takluk Dengan Gol Tunggal Swedia

Pertandingan playoff Piala Dunia 2018 mempertemukan Swedia melawan Italia. Pertandingan ini dilangsungkan di Friends Arena pada hari Sabtu (11/11).

Meski bermain relatif dominan, Italia harus menerima kenyataan kalah dalam pertandingan ini. Gol tunggal Johansson memberikan kemenangan kepada Swedia pada laga leg pertama ini.

Italia bermain dengan cukup dominan dari awal pertandingan. Swedia memang lebih banyak menunggu meski bermain di depan pendukung sendiri. Namun dominasi Italia tak bisa disalurkan menjadi peluang gol.

Permainan Italia terlalu mudah dibaca dalam pertandingan ini. Setiap kali mendapatkan bola, Italia langsung mengalirkan bola kepada para winger mereka. Giampiro Ventura nampaknya sengaja menginstruksikan timnya untuk bermain di sayap.

Namun strategi ini terbukti tak efektif karena Swedia tak memberikan ruang bagi para winger Italia untuk memanfaatkan kecepatan mereka. Alhasil, para penyerang Italia sama sekali tidak mendapatkan suplai bola sama sekali dari tengah. Mereka cuma punya peluang untuk mendapat bola dari umpan-umpan silang atau sepak pojok.

Strategi defensif Swedia ini sukses menahan gempuran tak berbahaya Italia sampai babak pertama usai. Nyaris tak ada peluang yang diciptakan kedua tim sepanjang paruh pertama ini.

Memasuki babak kedua, strategi permainan kedua tim masih tak berubah. Swedia tetap menunggu diserang dan Italia dibuat frustrasi oleh strategi monoton mereka sendiri yang cuma bisa mengalirkan bola ke sayap.

Namun kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-61. Tendangan Jakob Johansson dari luar kotak penalti berbelok arah setelah membentur defender Italia sehingga Buffon mati langkah dan tak bisa menghentikan laju bola.

Italia nyaris menyamakan kedudukan beberapa menit kemudian melalui tembakan keras matteo Darmian dari luar kotak penalti. tapi tembakan Darmian cuma membentur tang gawang Olson.

Sampai laga usai, skor 1-0 tetap bertahan. Peluang Italia untuk lolos ke Piala Dunia masih belum tertutup, namun mereka harus bisa membalik kedudukan pada leg kedua pada Selasa dini hari nanti.

Susunan pemain Swedia: Olson; Krafth, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Claesson, S. Larsson, Ekdal, Forsberg; Toivonen, Berg.

Susunan pemain Italia: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Candreva, Parolo, De Rossi, Verratti, Darmian; Belotti, Immobile.

Leave a Reply