Korea Selatan Taklukkan Jerman Dengan Skor Skor 2-0

Jerman

Kejutan terjadi di Piala Dunia 2018 setelah Jerman kalah 0-2 dari Korea Selatan. Hasil itu membuat Jerman terdepak dan menjadi juru kunci Grup F.

Sulit untuk dibantahkan jika Jerman adalah tim yang diunggulkan bisa mengalahkan Korsel di Kazan Arena, Rabu (27/6/2018) malam WIB. Akan tetapi, fakta di lapangan berbanding terbalik.

Korsel bermain tak kalah oke dari sang juara bertahan. Tim berjulukan Taegeuk Warriors itu mampu mencetak dua gol di masa injury tim lewat gol-gol Young-Gwon Kim dan Heung-Min Son.

Jerman gagal mencetak gol di sisa waktu. Mereka pun harus tumbang dengan skor 0-2 dan harus meninggalkan Rusia lebih cepat.

Jerman terbenam di dasar klasemen Grup F dengan tiga poin. Meski punya jumlah poin sama dengan Korsel, Jerman kalah selisih gol.

Sementara itu, Swedia keluar sebagai juara Grup F setelah mengalahkan Meksiko 3-0. Meksiko menjadi runner-up setelah kalah selisih gol.

Neuer Kritik Timnya Sendiri: Jerman Tak Pernah Meyakinkan, Menyedihkan

Jerman tersingkir di fase grup Piala Dunia 2018. Kiper Jerman Manuel Neuer menerima hasil itu karena performa timnya memang jauh dari kata bagus.

Kiprah Die Mannschaft dalam mempertahankan gelar juara dunianya di Rusia berakhir mengecewakan. Jerman kandas di fase penyisihan setelah secara mengejutkan ditumbangkan Korea Selatan 0-2 dalam laga penentuan Grup F di Kazan Arena, Rabu (27/6).

Neuer melengkapi hasil memalukan Jerman di pertandingan itu. Aksi pemain yang memperkuat Bayern Munich itu membuat timnya kebobolan gol kedua di akhir injury time.

Saat Jerman terdesak karena sudah tertinggal satu gol dari Korsel, Neuer naik membantu serangan. Alhasil, serangan balik Korsel bisa diakhiri Son Heung-min dengan menceploskan bola ke gawang yang kosong melompong.

Bukan hanya tidak lolos, Jerman menyudahi fase grup di peringkat terakhir usai hanya mengantongi tiga poin. Pasukan Joachim Loew ini cuma sekali menang dalam tiga pertandingan dan cuma bisa mencetak dua gol serta kebobolan empat gol.

“Kami memang layak tereliminasi. Kami tidak menyakinkan di pertandingan apa saja,” sesal Neuer di Daily Mail. “Ini bukan Jerman yang kami kenal. Menyedihkan.”

“Kurang berkomitmen. Sekalipun lolos, di babak berikutnya atau setelahnya kami pasti akan tersingkir juga.”

Kegagalan Jerman ini bak melanjutkan kutukan juara bertahan dalam tiga edisi Piala Dunia terakhir. Jerman senasib dengan Italia (2010) dan Spanyol (2014), yang tersingkir di fase grup setelah tampil sebagai juara di Piala Dunia sebelumnya.

“Manuel Neuer,┬áKamu Memalukan!”

Tak ada pemain Jerman yang tampil istimewa di Piala Dunia 2018. Tapi ada satu pemain yang dianggap paling bikin gregetan di laga terakhir mereka: Manuel Neuer.

Ya, kiper sekaligus kapten itu menyita perhatian karena menyebabkan terciptanya gol kedua Korea Selatan, saat kedua tim bertarung tadi malam. Di masa injury time, di saat Jerman sudah tertinggal 0-1, ia maju sampai ke wilayah permainan tim lawan.

Celakanya, bola yang ia kuasai dapat direbut oleh pemain Korea, yang langsung mengirim umpan lambung jauh. Son Heung Min berhasil mencapai bola dan dengan enak menceploskan bola ke gawang yang kosong melompong.

“Manuel Neuer, kamu memalukan,” cetus eks penyerang Skotlandia, Chris Sutton, saat menjadi komentator pertandingan tersebut dalam program BBC 5 Live.

“Apa yang dilakukan di sayap kiri? Dia itu kiper, kenapa ada di posisi itu? Dia membuka ruang untuk gol Son, dan Jerman pantas mendapat ganjarannya,” sambung Sutton.

Sebenarnya bukan hal baru kalau Neuer suka keluar jauh dari sarangnya ketika timnya sedang kepepet. Itu yang terjadi pula di partai pertama Jerman melawan Meksiko. Ia sempat maju ke kotak penalti lawan di menit-menit terakhir saat timnya mendapat sepak pojok.

Meski begitu, kalaupun Neuer tidak maju dan bolanya tidak direbut pemain Korea, besar kemungkinan Jerman tetap kalah dan terdepak. Dia sungguh apes.

Leave a Reply