Konami Terkejut Cutscene Rahasia Metal Gear Solid V Bisa Tersebar

Metal Gear Solid V

Konami tampaknya mulai lupa atau tidak terlalu fokus untuk memperbaiki server dalam mode multiplayer Metal Gear Solid V: Phantom Pain. Mungkin penyebabnya adalah karena saat ini Konami sedang terlalu sibuk menyiapkan Metal Gear Survive. Karena hal itu, baru-baru ini beredar sebuah cutscene rahasia yang harusnya belum saatnya dibuka oleh para player.

Cutscene rahasia itu pada intinya merupakan sebuah cutscene yang bisa dinikmati apabila para player di mode multiplayer sudah berhasil menonaktifkan seluruh senjata nuklir yang sudah dibuat oleh para playernya dalam masing-masing platform (PS4, PC, ataupun Xbox One). Sepertinya sudah banyak yang tahu, bahwa mode multiplayer dalam Metal Gear Solid V sedikit lebih berfokus pada aspek base-building, dan membangun sebuah senjata nuklir merupakan sebuah fitur konten paling mahal yang bisa player coba untuk mendapatkan prestis ataupun kebanggaan dalam bermain.

Meski begitu, dulu, Hideo Kojima pernah mengisyaratkan untuk mengajak para playernya membuang atau mematikan senjata nuklir yang mereka buat, pada saat itu Kojima menjanjikan akan ada kejutan jika para player tersebut berhasil melaksanakan sugesti dari beliau. Dorongan itu ternyata berhasil membuat perpecahan para player menjadi dua kubu, yaitu kubu pro senjata nuklir dan kubu anti senjata nuklir, tentu tujuannya adalah untuk menggali sebuah insight yang menarik dari game ini.

Dalam cuplikan cutscene, pada intinya terdapat sebuah adegan dimana Big Boss dan para anak buahnya mendeklarasikan bahwa seluruh senjata nuklir di dunia sudah berhasil dimusnahkan tanpa tersisa satupun. Mereka juga mendirikan sebuah patung khusus untuk memperingati hari bersejarah tersebut.

Konami yang tidak pernah menyangka bahwa cutscene rahasianya bisa bocor, akhirnya tidak tinggal diam. Bahkan mereka sudah mengidentifikasi bahwa cutscene tersebut telah terbuka di platform PC, khususnya dari pengguna Steam. Melalui akun twitter Metal Gear Official, mereka menginformasikan akan segera melakukan langkah investigasi.

Efek dari bocornya cutscene tersebut, dalam subreddit khusus untuk para kubu anti nuklir mulai muncul beragam komplain yang menyalahkan Konami atas kelalaian mereka dalam menjaga kestabilitasan server. Terutama mengenai permohonan para player yang selama ini diabaikan oleh Konami dalam memperbaiki sebuah sistem yang memungkinkan para pembuat nuklir dengan mudahnya menggagalkan usaha dari kubu anti nuklir demi menonaktifkan senjata nuklir dari para kubu pro. Bahkan ada sebagian kecil yang menuduh bahwa ini adalah rencana terselubung Konami untuk mempromosikan atau menambah hype game Metal Gear Survive.

Namun, ada juga yang berspekulasi bahwa kejadian disebabkan suatu jenis glitch atau bug yang tidak diperkirakan Konami sebelumnya. Dimana salah satu pengunjung reddit menjelaskan bahwa terjadinya overflow atau meluapnya statistik dari jumlah nuklir yang dimiliki para player bisa membuat berubahnya kondisi data menjadi minus. Sehingga cutscene rahasia dari Metal Gear Solid V tersebut terbauka secara otomatis.

Leave a Reply