Kia Joorabchian, Orang Yang Berjasa Atas Kepindahan Coutinho Ke Barcelona

Kia Joorabchian disebut-sebut menjadi sosok yang berperan penting di balik kepindahan Philippe Coutinho dari Liverpool ke Barcelona. Siapa dia sebenarnya?

Barcelona resmi menggaet Coutinho, pemain yang diincar sejak musim panas lalu. Blaugrana merogoh kocek sebesar 160 juta euro atau sekitar Rp 2,58 triliun.

Kepindahan Coutinho sedianya cukup pelik. Beberapa kali tawaran Barca sejak musim panas lalu sempat ditolak Liverpool, yang bersikukuh mempertahankan sang pemain.

Tapi pada akhirnya Coutinho dilepas juga di bursa transfer Januari ini. Dan sosok yang berjasa mewujudkan transfer itu adalah Kia Joorabchian.

Dilansir Sky Sports, Joorabchian merupakan penasihat ulung dalam urusan transfer pemain. Menariknya, ia tak mau disebut seorang agen layaknya Mino Raiola atau Jorge Mendes.

“Saya bukan agen sepak bola dan saya tidak bertindak sebagai agen. Saya pikir bisnis agensi sangat berbeda,” Joorabchian mengatakan ke Guardian pada 2008.

Nama Joorabchian mulai mencuat saat mengurusi transfer dua pemain Argentina, Carlos Tevez dan Javier Mascherano, ke West Ham United pada 2006. Ketika itu, Media Sports Investment, perusahaan yang dipimpinnya, menyalahi aturan transfer soal third party ownership atau kepemilikan pemain pihak ketiga.

Kendati begitu, banyak yang menganggap Joorabchian tetap berperan seperti agen. Tugasnya adalah membantu transfer seorang pemain ke klub barunya rampung.

Dalam hal itu, Joorabchian punya jam terbang tinggi. Pria berusia 46 tahun yang merupakan fans berat Arsenal itu sukses melepas banyak pemain, yang kebanyakan dari Brasil seperti Robinho, David Luiz, Marquinhos, Willian, Oscar, dan yang terbaru Coutinho.

Joorabchian kini tetap diperhitungkan sebagai sosok ulung di dua per-transfer-an sepakbola. Dan penjualan Coutinho ke Barca, yang bakal rampung hari ini, sekali lagi membuktikan kepiawaiannya.

Resmi Jadi Pemain Barcelona

Barcelona akhirnya merampungkan proses transfer Philippe Coutinho dari Liverpool. Pemain asal Brasil itu resmi menjadi pemain Blaugrana.

Kesepakatan transfer Coutinho antara Barca dan Liverpool sudah terjalin sejak Minggu (7/1/2018). Namun itu cuma menyentuh soal harga yang mencapai 160 juta euro atau Rp 2,58 triliun.

Pada Senin (8/1), Coutinho tinggal menjalani tes medis dan penandatanganan kontrak. Semua proses itu berjalan lancar.

Coutinho lulus tes medis meski sedang mengalami cedera paha kaki kanannya. Cedera itu ia dapat saat terakhir membela Liverpool.

Selanjutnya, Coutinho menandatangani kontrak. Ia terlihat menandatanganinya ditemani presiden klub, Josep Maria Bartomeu.

Selanjutnya, Coutinho diperkenalkan kepada fans, yang sudah berkumpul di Stadion Camp Nou untuk menyaksikan bintang baru Barca.

Neymar Kirim Ucapan Selamat

Philippe Coutinho telah resmi menjadi pemain Barcelona di bursa transfer musim dingin ini. Neymar pun mendapatkan ucapan dari teman kecil sekaligus eks pemain Barcelona, Neymar.

Neymar sempat empat musim berseragam Barcelona, sebelum kemudian hengkang ke Paris Saint-Germain di awal musim ini. Transfer itu bikin Neymar menjadi pemain termahal di dunia setelah ditebus PSG dengan biaya 222 juta euro.

Selang lima bulan kemudian, Barcelona mendatangkan teman semasa remaja Neymar yakni Coutinho. Pemain yang juga menjadi rekan Neymar di tim nasional Brasil itu didatangkan dari Liverpool dengan harga 160 juta euro atau Rp 2,58 triliun, menjadikannya pemain termahal kedua di dunia.

Kepindahan Coutinho ini pun disambut dengan baik oleh Neymar, yang transfernya dari Barcelona sendiri sempat menimbulkan polemik.

“Saya bermain dengan Neymar di tim nasional dan kami berteman sejak masih kecil. Dia mengucapkan selamat kepada saya dan mengatakan kepada saya bahwa ruang ganti sangat luar biasa,” kata Coutinho dalam konferensi pers perkenalannya di Barcelona, Senin (8/1/2018) waktu setempat.

“Luis Suarez dan Paulinho juga mengatakan kepada saya bahwa mereka berharap saya memiliki masa depan yang sangat membahagiakan di sini,” sambung Coutinho seperti dikutip dari Soccerway.

Coutinho dan Neymar adalah sahabat karib sejak remaja. Mereka sudah berada di timnas Brasil U-17, pada 2010, kemudian berlanjut di timnas Brasil U-20 dan senior. Neymar juga sempat memamerkan foto kebersamaan dengan Coutinho saat masih lebih muda di Twitter.

Leave a Reply