Keren! Berbagai Fenonema Unik Nan Langka Ini Terjadi Di Indonesia

Tahukah kamu, bahwa Indonesia merupakan negeri yang kaya? Alam, bahasa, suku, dan adat istiadatnya sangat beraneka ragam. Tidak heran, jika hal tersebut membuat Indonesia memiliki fenomena-fenomena unik. Apa saja ya kira-kira? Yuk, kita baca lebih lanjut!

1. Garam di atas gunung

fenomena unik - Garam di atas gunung

Pada umumnya garam dihasilkan dari endapan air laut yang dijemur dengan menggunakan sinar matahari. Namun, di Indonesia kamu bisa menemukan garam yang dihasilkan di atas gunung, lho! Fenomena yang terjadi hanya di Indonesia ini, bisa kamu temukan di Gunung Krayan, Kalimantan Timur. Garam unik tersebut terdapat di sebuah sumur di Desa Long Midang dengan ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Warna dan tekstur garam ini terlihat lebih putih dan halus. Namun jangan salah, menurut penelitian para ahli, kandungan yodiumnya sangat tinggi. Wah, bahaya juga ya.

2. Api Abadi

Fenomena Unik - Api abadi

Pemandangan ini biasanya hanya dapat dilihat di Gunung Olimpus yang ada di Yunani. Akan tetapi, Indonesia juga ternyata memiliki api abadi, lho. Jika kamu ingin melihatnya, sumber api yang tidak pernah padam ini terdapat di Desa Larangan Tokol, Madura. Saking luar biasanya fenomena ini, air hujan pun tidak dapat memadamkannya. Namun, bila dilihat dari sudut pandang ilmiah, daerah tersebut memiliki kandungan belerang yang tinggi. Pergesekan belerang dengan oksigen di udara inilah yang menimbulkan fenomena bara api abadi. Kamu tertarik ke sini?

3. Ubur-ubur ramah

fenomena unik - ubur-ubur ramah

Pada umumnya ubur-ubur diketahui sebagai hewan yang dapat menyengat dan membuat kulit terasa seperti terbakar. Namun, tahukah kamu jika ada ubur-ubur yang tidak menyengat? Letaknya di Danau Kakaban, Kalimantan Timur. Wilayah ini memang diakui sebagai danau dengan populasi ubur-ubur terbesar di dunia. Diketahui terdapat empat jenis ubur-ubur di sana, mulai dari ubur-ubur bulan, kotak, totol, hingga terbalik. Selain di Indonesia, kamu juga dapat menjumpainya di Jellyfish Lake yang terletak di daerah tenggara dari Samudra Pasifik. Konon, ubur-ubur nan ramah ini hanya ada 2 di dunia. Penasaran melihatnya?

4. Pantai pasir merah muda

Fenomena Unik - Pantai pasir merah muda
Pasti kamu sering berpikir bahwa pantai itu memiliki pasir berwarna putih? Namun, tidak dengan pantai pasir merah muda yang terdapat di Nusa Tenggara Timur. Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa pantai ini memiliki pasir yang berwarna merah muda atau pink. Wah, fenomena yang unik kan? Pantai yang terdapat di kawasan Pulau Komodo ini mendapatkan julukan sebagai Pink Beach. Selain warna pasirnya, keanekaragaman bawah lautnya juga sangat indah. Jadi semakin menambah keindahan wilayah tersebut bukan?

Leave a Reply