Kemenlu: Indonesia Tidak Mengakui Kemerdekaan Catalonia

Indonesia tidak mengakui kemerdekaan sepihak yang dilakukan Catalonia untuk lepas dari Spanyol. Catalonia baru saja mengumumkan kemerdekaannya, Jumat 27 Oktober malam waktu setempat.

“Indonesia tidak mengakui pernyataan sepihak kemerdekaan Catalonia,” tegas Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi lewat akun Twitter Kementerian Luar Negeri RI dengan tagar #MenluRetno, Sabtu 28 Oktober 2017.   “Catalonia adalah bagian integral Spanyol dan Indonesia tidak akan mengakui kemerdekaan Spanyol,” sebut pernyataan itu.

Kemerdekaan Catalonia diloloskan oleh dewan perwakilan yang diisi 135 anggota, dengan perbandingan 70 suara mendukung, 10 menentang dan 2 abstain. Keputusan ini diambil hanya beberapa saat sebelum Spanyol menerapkan kewenangan pusat di daerah otonom itu.

Setelah Catalonia mengumumkan kemerdekaannya, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy langsung menggelar rapat kabinet. Usai rapat, Rajoy menegaskan bahwa tidak ada yang bisa mengubah otonomi Spanyol.

Gelombang ‘perceraian’ Catalonia dari Spanyol ini dikhawatirkan akan berimbas kepada wilayah lainnya di Spanyol, pun negara-negara Eropa lainnya. Bahkan, Milan dan Venesia pun sudah menggelar referendum untuk berpisah dari Italia.

Leave a Reply