Keluarga Arab Saudi Jadi Terkaya Di Dunia, Geser Kerajaan Inggris

Keluarga Arab Saudi

Keluarga kerajaan terkaya di dunia kini didapuh negara Arab Saudi. Bahkan, keluarga kerajaan Inggris yang memiliki kekayaan bersih sekitar 88 miliar dolar AS (Rp 1.282 triliun) masih belum dapat menandingi.

Sama dengan Inggis, keluarga ArabĀ Saudi terkenal tertutup dengan kekayaannya. Namun seperti diketahui, gaya hidup keluarga kerajaan diisi dengan pengeluaran yang besar, jet pribadi, kapal pesiar, istana yang luas, dan kediaman yang mewah dihiasi dengan perabotan emas.

Nilai kekayaan bersih House of Saud itu diperkirakan mencapai 1,4 triliun dollar AS atau lebih dari Rp 20.400 triliun. Nilai aset itu sekitar 16 kali kekayaan yang dimiliki keluarga kerajaan Inggris yang mencapai 88 miliar dollar AS, menurut firma konsultasi bisnis Brand Finance, dilansir dariĀ CNBC International.

Dikenal sebagai salah satu negara penghasil dan pengekspor minyak terbesar di dunia, kekayaan keluarga kerajaan Arab bersumber dari limpahan cadangan minyak yang ditemukan lebih dari 75 tahun silam di bawah kepemimpinan Raja Abdulaziz ibn Saud.

Bahkan, perusahaan gas alam dan perusahaan minyak milik negara bernama Saudi Aramco dihargai lebih dari 2 triliun dolar AS. Jika perkiraan tersebut benar, maka akan menjadi salah satu perusahaan minyak yang paling menguntungkan di dunia.

Salah satu anggota kerajaan Arab Saudi yang paling berpengaruh bernama Raja Salman yang menggantikan saudaranya Abdullah bin Abdulaziz Al Aziz yang meninggal pada 2015. Dilaporkan memiliki kekayaan senilai 17 miliar dolar AS (Rp 248 triliun) , lelaki berumur 82 itu menyerahkan banyak urusan negara kepada Putra Makhotanya bernama Mohammed Bin Salman.

Leave a Reply