Kelelahan Dan Cuaca Panas Ekstrem, Staff Drama Korea Meninggal

drama korea

Staf  dari drama Korea berjudul Still 17 meninggal dunia di rumahnya, 1 Agustus 2018. Belum ada pernyataan resmi dari pihak berwenang, tapi diduga, kru drama tersebut kelelahan karena terlalu keras bekerja.

Dilansir dari Koreaboo, seorang kru produksi drama tersebut diketahui berusia 20 tahun. Dugaan sementara, dia meninggal karena efek terlalu lelah bekerja dan cuaca panas ekstrem yang sedang melanda Korea Selatan.

Berdasarkan pengakuan para kru lainnya, memang tidak ada jadwal syuting yang dilakukan pada 31 Juli dan 1 Agustus kemarin. Namun, mereka harus bekerja terus pada 28 hingga 30 Juli karena suhu udara panas yang meningkat.

Korea Selatan memang dikabarkan sedang mengalami cuaca panas yang ekstrem, yakni mencapai 39 derajat Celsius. Sekitar 20 ribu orang dilaporkan sudah memeriksakan diri ke rumah sakit karena alasan panasnya cuaca.

Persatuan pekerja media Nasional Korea pun mendesak pemerintah dan perusahaan penyiaran untuk mencari solusi masalah ini. Mereka mengatakan, meski penyebab kematian belum terungkap, namun dugaan atas panjangnya jam kerja untuk produksi drama sangat kuat pada kasus ini.

“Dia tidak sedang mengidap penyakit tertentu. Kabarnya, staf ini sudah bekerja selama 76 jam di luar ruangan selama 5 hari sebelum ditemukan tak bernyawa. 60 jam per minggu saja sudah dianggap kerja berlebihan yang parah oleh Kementerian Buruh dan Tenaga Kerja,” tulis pernyataan dari persatuan pekerja media tersebut.

Mereka juga menuntut pihak kementerian tegas untuk mengontrol jam kerja 52 jam per pekannya, apalagi peraturan tersebut sering diabaikan di lokasi syuting. Perusahaan penyiaran juga diminta bisa memahami bagaimana para pekerja produksi bekerja. Salah satunya dengan membuat kesepakatan tentang situasi-situasi tak terduga untuk para pekerja di lapangan.

“Misalnya karena panas yang terlalu ekstrem untuk melindungi para pekerja di lapangan produksi. Mereka harus punya inisiatif untuk mengurangi jam kerja,” kata mereka.

Sementara itu, pihak SBS sebagai stasiun TV yang menyiarkan drama Still 17 belum bisa memberi keterangan rinci.

“Kami masih menunggu pernyataan polisi tentang penyebab kematian,” ujar perwakilan SBS.

Leave a Reply