Ke Thailand? Jangan Lupa Cicipi 7 Kue Tradisional Khas Ini

Thailand jadi surganya pencinta kue dan dessert. Ada puluhan jenisnya, termasuk 7 kue populer ini. Thailand identik dengan ragam sajian enak. Bukan hanya menu utama seperti tom yum dan pad thai saja, negeri Gajah Putih ini juga punya banyak kue dan dessert tradisional enak. Berikut 7 diantaranya yang populer dan wajib dicicip saat ke sana.

1. Khao Niao Mamuang

Beras ketan adalah bahan kue dan dessert paling populer di Thailand. Yang ikonik adalah mango sticky rice atau khao niao mamuang. Berupa beras ketan yang disajikan bersama potongan mangga segar dan saus santan.

Selain mangga, ada juga durian sticky rice atau khao niao toorien. Kue ini sama seperti mango sticky rice, hanya saja memakai potongan durian sebagai pendampingnya. Dijamin enak karena Thailand adalah ‘rumah’ untuk lebih dari 300 jenis durian.

2. Khanom Sod Sai

Bentuknya segitiga dengan balutan daun pisang, inilah Khanom Sod Sai yang banyak dijajakan di kaki lima. Adonannya dibuat dari tepung ketan hitam dan putih yang kenyal gurih.

Sementara isiannya adalah paduan gula merah dan parutan kelapa segar. Khanom Sod Sai lalu dikukus hingga matang. Selain yang original, ada variasi khanom sad sai yang dipadukan asam Jawa.

3. Khanom Buang

Tak kalah populer, ada khanom buang yang wajib dicicip. Crepe renyah ala Thailand ini dibuat dari tepung beras dan tepung kacang hijau. Di atasnya diberi krim kelapa.

Ada dua jenis khanom buang yaitu yang manis dan gurih. Varian manis berisi parutan kelapa dan foi thong (lembaran kuning telur goreng). Sementara yang gurih berisi parutan kelapa, irisan daun bawang dan udang.

4. Tong Yord

Secara tradisional, dessert di Thailand tidak dibuat dengan telur kecuali Tong Yord atau Kai Wan. Bentuknya bulat mungil berwarna oranye kekuningan. Dibuat dari campuran kuning telur, gula dan tepung.

Adonan ini direbus dalam air gula dan kadang ditambahkan sedikit jahe. Hasilnya tekstur tong yord empuk dan kenyal dengan cita rasa manis legit.

5. Loog Choob

Siapa pun pasti gemas melihat tampilan loog choob atau luk chup. Kue ini dibuat menyerupai buah dan sayuran segar dalam ukuran mungil dan warna terang.

Loog choob dibuat dari pasta kacang hijau yang dicelupkan dalam larutan gelatin. Tak heran tampilan kulitnya bersinar dengan tekstur kenyal. Loog choob mudah dijumpai di pasar-pasar malam di sana.

6. Tuang Muan Sot

Tuang Muan Sot

Banyak dijajakan di pinggir jalan, cobalah Tuang Muan Sot yang warna-warninya menarik perhatian. Kue ini berupa pancake lembut mirip dadar gulung dengan biji wijen renyah.

Rasanya dominan kelapa, meski ada varian tuang muan sot. Ada yang rasa pandan, taro dan jagung. Siapa pun pasti jatuh cinta dengan paduan lembutnya pancake dan renyagnya wijen!

7. Khanom Krok

Khanom Krok

Khanom krok mirip takoyaki karena bentuknya yang bulat. Kue ini dibuat dari tepung beras dan kelapa parut. Banyak dijajakan di pinggir jalan dengan harga murah meriah.

Khanom krok biasanya dilengkapi jagung manis, daun bawang dan taro. Bentuknya yang mungil membuat khanom krok mudah dilahap dan jadi menu favorit saat sarapan.

Leave a Reply