Ke Taiwan, Ini 5 Oleh-Oleh Yang Bisa Menjadi Rekomendasi

Pulang ke Indonesia setelah berhari-hari mengisi waktu liburan di negeri orang, tak lengkap rasanya apabila tidak membawa oleh-oleh kepada keluarga atau orang terdekat.

Apabila kamu memiliki kesempatan berkunjung ke Taiwan, tentunya akan ada banyak souvenir dan sejumlah jenis makanan yang bisa kamu bawa pulang.

Selain harganya yang cukup terjangkau, beberapa oleh-oleh ini sangat praktis untuk dibawa pulang dan dibagikan kepada orang terdekat.

Taiwan adalah sebuah negara yang memiliki pusat ibu kota di Taipei, Taiwan. Kota ini sendiri bisa disebut sebagai metropolitan karena fasilitas yang sudah cukup mumpuni.

Untuk mengunjungi satu tempat ke tempat lain tak begitu sulit. Ada berbagai moda transportasi seperti bus dan MRT yang membuat kamu bebas dari kemacetan.

Pusat oleh-oleh yang ada di Taiwan pun juga terbilang banyak. Tak hanya di ibu kota Taipei, Chiayi yang merupakan kabupaten di bagian selatan juga menawarkan beberapa lokasi oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi.

Setelah puas jalan-jalan, pastikan untuk menyempatkan diri guna membeli sejumlah oleh-oleh. Ini dia rangkuman 5 oleh-oleh populer yang bisa kamu bawa pulang saat berkunjung ke sana:

1. Kue Nastar

Kue Nastar
Kue Nastar

Siapa yang tak dengan kue nastar. Di Indonesia sendiri, kue ini selalu menghiasi meja ruang tamu kamu ketika lebaran tiba. Namun, apa salahnya untuk mencoba nastar Taiwan yang begitu khas dan enak di lidah.

Salah satu pusat nastar paling enak ada di New Taipei (Taipei Baru). Sebuah pabrik bernama Vigor Kobo mengolah berbagai jenis kue nastar. Rasanya jelas enak dan membuat kamu tak menyesal apabila membelinya.

Ada berbagai varian rasa yang dapat kamu pilih, mulai dari nastar isi nanas original, nastar cokelat, nastar kacang hijau hingga nastar susu.

Harganya terbilang murah. Harga nastar berkisar 180 – 550 NT. Selain rasanya yang enak, cara pengemasannya benar-benar unik. Jadi, teman-teman dan keluarga akan senang menerima oleh-oleh ini.

2. Kumquat

Kumquat
Kumquat

Tepatnya di Chiayi, Taiwan sebuah pabrik pembuatan selai berbahan dasar buah Kumquat dapat kamu temui. Tepatnya di Minxiong Kumquat Factory, Chiayi, Taiwan ada sebuah pabrik pengolahan selai (jam), asinan, manisan dan minuman berbahan dasar kumquat.

Kumquat adalah buah oranye berukuran kecil yang termasuk dalam salah jenis jeruk. Jika jeruk dan lemon hanya bisa dimakan buahnya, maka beda dengan Kumquat. Buah ini dapat dimakan beserta kulitnya.

Tapi bijinya tak boleh dimakan karena pahit. Salah satu produksi penganan yang dapat dibuat dari buah Kumquat adalah selai. Proses pembuatannya pun cukup mudah. Selain dibuat selai, Kumquat bisa diolah jadi manisan, asinan, jus dan juga kue.

3. Kosmetik

Kosmetik
Kosmetik

Nah, kalau oleh-oleh yang satu ini tampaknya wajib bagi para kaum hawa. Berbagai macam jenis kosmetik dapat kamu temui di Ximending, Taiwan.

Kawasan ini memang dikenal sebagai tempat ngumpulnya anak-anak muda. Ada banyak atraksi dari musisi jalanan yang bisa kamu saksikan di lokasi yang terletak di pusat kota Taipei ini.

Harga kosmetik terbilang murah. Untuk masker wajah yang berisi 10 bungkus saja dijual dengan harga 100 NT atau setara dengan Rp 48 ribu. Jadi jika dihargai satuan, hanya Rp. 4.800 saja. Selain masker, di Ximending juga ada pelembab kulit berbahan aloevera atau lidah buaya.

Salah satu merek pelembab kulit ini belum banyak dijual di Indonesia. Harganya mencapai Rp. 80 ribu. Tetapi di Taiwan harga beda. Satu pelembab kulit saja dihargai 95 NT atau setara dengan Rp. 45.000.

Harga-harga miring dengan kualitas sama untuk bedak, lipstik dan makeup lainnya juga dapat kamu temui di sini.

4. Obat Tradisional

Obat Tradisional
Obat Tradisional

Salah satu pusat obat tradisional yang dijual di Taiwan berlokasi di jalan DiHua — sebuah jalanan tua yang diisi oleh bangunan-bangunan berusia ratusan tahun.

Untuk mengunjungi jalan ini, hanya membutuhkan waktu sepuluh menit dari kawasan Ximending.

Setiap toko pasti ada yang jual obat-instan tradisional. Kamu hanya perlu bertanya kepada si penjual obat apa yang kamu perlukan.

Salah satu obat tradisional yang dijual adalah ramuan yang dijadikan kuah sup pada makanan kamu. Gunanya, untuk menyembuhkan diabetes, menjaga kesehatan mata dan lain-lain.

Namun, apabila kamu membutuhkan obat penyembuhan seperti jantung atau penyakit kronis lainnya, kamu tak bisa sembarangan. Sebab, harus ada rekomendasi dari dokter dan izin pembelian.

Jadi, beli yang biasa-biasa saja ya. Misalnya memperhalus kulit atau menjaga stamina.

5. Milk Tea

Milk Tea
Milk Tea

Jajanan yang satu ini wajib kamu coba. Di Indonesia minuman milk tea berisi bubble atau puding sudah menjamur. Tapi di Taiwan itu pusatnya.

Ada berbagai macam merek terkenal dan semuanya sangat enak. Untuk milk tea ukuran reguler dihargai 55 NT (Rp 29 ribu) sedangkan ukuran Large dihargai 70 NT (32 ribu). Rasanya tak terlalu manis seperti di Indonesia dan bubble serta pudingnya begitu lembut.

Tak hanya di Ximending, minuman milk tea ini juga bisa kamu temui di pusat perbelanjaan modern. Tapi sayangnya, minuman ini sulit untuk dibawa ke Indonesia.

Untuk itu disarankan kamu membeli milk tea yang sudah dikemas dalam botol tanpa isi bubble atau puding. Rasanya macam-macam ada milk tea Rose, latte dan greentea.

Leave a Reply