Ke Solo, Jangan Lupa Mampir Ke Tempat-Tempat Makanan Kekinian Ini

Nggak kalah dengan kota-kota besar lain di Indonesia, Solo juga punya banyak tempat makan yang asik dan kece. Dari sekian banyak kafe dan restoran yang ada, ini dia yang 7 terfavorit para pelancong dari luar kota dan juga yang tinggal di Solo.

Tempat-tempat ini juga merupakan tempat tongkrongan anak muda yang populer di Solo, karena rasa hidangannya enak, harganya terjangkau, tempatnya asik dan keren buat foto-foto. Dimana sajakah itu? Yuk langsung simak aja.

1. Cafe Tiga Tjeret

youthmanual kuliner solo

Disini ada Wedangan alias jajanan khas Solo, berupa aneka gorengan (tempe, sosis, bothok, dan banyak lainnya) serta nasi kucing (nasi bungkus ukuran mini). Untuk minuman, yang jadi favorit antara lain cokelat-jahe, kopi, dan kencur-jeruk-jahe.

Cafe Tiga Tjeret ini semi terbuka, dengan bangku-bangku kayu serta pencahayaan yang temaram. Pernak-pernik kafe ini terbuat dari barang-barang daur ulang seperti botol plastik, sehingga menciptakan kesan kreatif sekaligus moderen.

2. Xocolatl

youthmanual kuliner solo

Ada egala macam dessert seperti aneka cake, éclair, plated desserts (dessert spesial kreasi Xocolatl dengan penyajian super kece), pastries, scone dan cokelat. Sebagai teman dessert, kamu bisa memesan kopi, teh, jus (biar lebih sehat!), atau favorit saya, hot / ice chocolate. Dessert house ini punya interior minimalis dengan dominasi warna hitam. Cantik dan elegan.

3. Mom Milk

youthmanual - kuliner solo

Menu paling khas di restoran ini adalah menu minumannya, yaitu susu dalam berbagai rasa seperti cookies, coffee, green tea, hazelnut, taro, bubblegum dan sebagainya. Untuk makanannya mereka menyediakan pilihan-pilihan yang sudah familiar antara lain sosis, spaghetti, scramble egg, chicken steak, dan sapi lada hitam.

Dengan dinding grafiti, stiker pada kaca, serta detail-detail unik aliannya, konsep desain Mom Milk memang “anak muda banget”. Terbukti, tempat ini sering dipenuhi anak sekolah atau kuliah, terutama di malam minggu.

4. EATernity

youthmanual - kuliner solo

Berbagai hidangan ala Amerika (burger), Eropa (pizza, pasta, dessert) dan Indonesia. Konsep menunya agak random tapi rasanya nggak mengecewakan. Tempatnya cukup luas dan nyaman, dengan desain bergaya semi-industrial.

5. Marakez Café

youthmanual - kuliner solo

Ada hidangan khas Timur Tengah seperti nasi mandhi, nasi bukhari, shish touk (potongan daging, paprika merah, paprika hijau, dan bombay dihidangkan di sebuah tusukan seperti sate, disajikan dengan roti prata), dan sebagainya. Bagi yang nggak suka makanan Timur Tengah di sini ada menu makanan netral seperti ayam, club sandwich, dan spaghetti carbonara.

Ambience-nya homey dan sweet banget, terutama karena resto ini berlokasi di sebuah rumah bergaya oldies, lengkap dengan halaman yang luas. Kita bisa pilih duduk di dalam, teras atau sekitar halaman supaya suasana makannya tambah romantis. Agar nuansa “Timur Tengah”nya terjaga, pemilik Marakez Café ini memajang kutipan-kutipan dari berbagai sufi, sastrawan, dan tokoh Arab.

6. Warung Orange

youthmanual - kuliner solo

Di sini, mereka menyajikan menu 3 in 1, yaitu hidangan Meksiko, Italia, dan Amerika di satu restoran. Menunya variatif dari menu breakfast hingga menu dinner seperti chili con carne dan chicken cannelloni, yaitu potongan ayam yang diolah dengan tiga jenis keju, saus, dan dibungkus pasta.

7. The Halal Bro

youthmanual -kuliner solo

Sama seperti The Halal Guys yang asli di New York City, The Halal Bro menjual gyro, yaitu nasi basmati dengan potongan daging ayam, kambing, atau keduanya yang disajikan dengan potongan tortilla dan white sauce. Nggak cuma itu, The Halal Bro juga menyediakan tortilla sandwich, lasagna, burger dan beraneka minuman segar.

Walau berada di pinggir jalan, gerai yang didominasi warna putih ini tetap nyaman dan kece. Tempat ini cuma buka dari sore (pukul 16.00) sampai malam.

Leave a Reply