Penuh Rempah, 5 Jenis Soto Nusantara Ini Bisa Memanjakan Lidahmu

Soto Nusantara

Soto adalah makanan khas Indonesia yang biasanya terdiri dari kaldu, sayuran, dan lauk pauk seperti ayam maupun daging. Namun, ternyata soto nusantara di Indonesia disajikan secara berbeda-beda, ada yang berwarna kekuningan atau kecokelatan seperti rawon. Perbedaan cara penyajian seringkali dibagikan berdasarkan daerah masing-masing seperti Soto Madura atau Coto Makassar.

Selain itu, ternyata rasa dari soto di setiap daerah di Indonesia sangat beragam sehingga menambahkan kekayaan kuliner Nusantara. Ada yang dihidangkan dengan ketupat, lontong, nasi atau disajikan bersama kerupuk, perkedel, sambal, telur puyuh, dan sate kerang.

Soto dapat ditemukan di restoran besar, warung pinggir jalan, atau gerobak dorong milik penjual soto yang berpindah-pindah. Berikut ini adalah beberapa jenis soto yang tersebar di berbagai daerah dari Sumatera hingga Papua di Indonesia.

1. Soto Betawi

Soto yang dapat kamu jumpai di sekitar wilayah Jakarta ini memiliki kuah berupa campuran santan dan susu sehingga memiliki rasa khas. Untuk lauk yang digunakan biasanya adalah jeroan seperti hati, ampela, usus, paru, dan babat. Selain jeroan juga terdapat mata, torpedo, daging sapi yang diiris. Soto Betawi biasanya juga disajikan dengan emping melinjo goreng sebagai kerupuk.

2. Soto Bandung

Tidak seperti soto lainnya, untuk daerah Bandung sendiri menyediakan soto yang memiliki bahan dasar daging sapi namun dengan tambahan berupa kedelai, tomat, dan lobak. Bila soto Betawi menggunakan santan namun untuk Bandung tidak menggunakan sehingga cenderung lebih bening.

Soto ini sesuai untuk orang yang tidak menyukai atau menghindari santan. Selain itu, soto ini dapat dimakan dengan nasi atau kerupuk untuk menambahkan selera makan.

3. Soto Pekalongan

Soto yang berasal dari daerah Pekalongan ini merupakan percampuran budaya antara Tionghoa dan India sehingga warnanya berbeda dengan soto lainnya yaitu agak kecoklatan. Soto ini mencampurkan mie putih ke dalamnya tidak seperti Soto Betawai maupun Bandung.

Sedangkan untuk warna kecokelatannya dihasilkan dari campuran bahan bumbu sambal goreng atau tauco dari kedelai. Daging yang biasa digunakan untuk soto ini bukan daging sapi melainkan daging kerbau.

4. Soto Madura

Soto ini berasal dari Madura, Jawa Timur yang memiliki kekhasan sendiri dengan daging sapi, telur rebus, tauge, dan kentang goreng. Untuk bumbu sotonya yaitu campuran dari ketumbar, bawang merah, putih, jahe, kunir, laos, kemiri, garam, dan jeruk purut.

Adanya kunir membuat warna soto lebih kekuningan daripada soto soto lainnya, selain itu dicampur dengan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

5. Soto Lamongan

Untuk Soto Lamongan seringkali ditemui di sekitar wilayah Jawa Timur seperti Surabaya yang serupa dengan Soto Madura. Namun, untuk daging yang digunakan adalah ayam berbeda dengan Soto Madura yang menggunakan daging sapi.

Biasanya, Soto Lamongan disajikan dengan tauge dan sayur gubis yang diiris iris tipis. Selain itu, terdapat mie bihun putih yang disajikan di dalam soto.

Leave a Reply