Kamu Tahu Siapa Penemu ‘Meme’? Ternyata Seorang Professor!

Sebagai pengguna aktif media sosial, pastinya tahu dong apa itu meme? Bahkan, mungkin kamu juga pernah membuatnya.Sadarkah kamu bahwa meme sudah menjadi bagian dari cara kita berkomunikasi?

Pasti sering kan saat chatting dengan teman, kita menggunakan meme untuk menggambarkan ekspresi. Selain digunakan untuk keperluan hiburan, dan kadang gambar meme juga dipakai untuk mengkritik. Lalu, sebenarnya darimana sih asal usulnya

Ternyata meme itu sudah ada sejak puluhan┬átahun lalu, lho! Pencetusnya bernama Richard Dawkins, seorang penulis dan ahli biologi evolusioner asal Inggris. Dawkins menggunakan kata meme, yang ia ambil dari bahasa Yunani “mimeme”. Ia mengartikan meme sebagai replika atau tiruan, seperti yang ditulis pada bukunya The Selfish Gene tahun 1976.

Menurutnya, budaya itu terdiri dari unit-unit yang disebut dengan meme, seperti gen atau virus. Semua yang berkembang saat ini, pada dasarnya hanya bentuk turunan dari budaya-budaya di masa lalu.

Meme dianggap sebagai sebuah gagasan yang menular, seperti virus yang bisa dengan cepat melompat dari tubuh satu ke banyak tubuh lainnya. Hal ini didefinisikan oleh Wired pada tahun 1993. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), meme memiliki arti ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya.

Kini, meme kerap muncul di berbagai media sosial, khususnya pada isu-isu yang sedang hangat dibicarakan masyarakat. Berkat meme, sebuah isu dapat menjadi lelucon dan seringkali memberi pesan menyindir (satir). Cara ini nyatanya efektif lho untuk menyampaikan pesan secara cepat. Kebiasaan ini akhirnya mulai populer pada tahun 2012.

Nah, kamu tahu nggak, meme yang diproduksi pertama kali? The Dancing Baby, yang dibuat oleh seorang desainer grafis bernama Michael Girard tahun 1996. Saat itu Girard ingin menunjukkan jika gerakan juga dapat diproyeksikan dan diprogram menggunakan komputer. Kemudian, Girard mengirim demo Dancing Baby itu kepada developer lainnya dan diubah dalam format GIF. Sejak saat itulah Dancing Baby menjadi sangat terkenal.

Leave a Reply