Kalahkan Genoa 1-0, Juventus Terus Dekati Napoli

Juventus tak membiarkan Napoli menjauh di klasemen Serie A. Bianconeri terus menempel rivalnya itu usai mengatasi perlawanan Genoa dengan skor 1-0.

Juventus menang berkat gol semata wayang Douglas Costa pada pertandingan di Allianz Stadium, Selasa (23/1/2018) dinihari WIB. Costa mencetak golnya tersebut pada menit ke-16.

Juventus, yang tampil tanpa Gianluigi Buffon dan Paulo Dybala, sebenarnya punya banyak peluang untuk menang dengan skor lebih besar. Tapi, mereka gagal menciptakan gol tambahan.

Dengan hasil ini, Juventus tetap duduk di peringkat kedua klasemen Serie A dengan perolehan 53 poin dari 21 pertandingan. Mereka tetap berjarak satu poin dari Napoli yang berada di posisi teratas. Genoa menghuni peringkat ke-15 dengan 21 poin.

Jalannya Pertandingan

Sami Khedira menyia-nyiakan sebuah kesempatan bagus di menit kelima. Khedira punya ruang tembak terbuka di depan kotak penalti Genoa, tapi penyelesaiannya justru melenceng jauh.

Di menit kedelapan, giliran Miralem Pjanic yang mengancam gawang Genoa lewat tendangan bebasnya. Tembakan Pjanic melewati pagar hidup pemain Genoa, tapi dimentahkan kiper Mattia Perin yang membuat penyelamatan gemilang.

Douglas Costa membawa Juventus memimpin 1-0 pada menit ke-16. Dari depan kotak penalti, pemain asal Brasil itu mengoperkan bola kepada Mario Mandzukic yang menyisir di sayap kiri. Dia kemudian berlari ke kotak penalti untuk menyambar umpan mendatar dari Mandzukic.

Pjanic berpeluang memperbesar keunggulan Juventus tujuh menit kemudian. Dia menyambut bola liar di depan kotak penalti dengan tembakan voli, tapi Perin dengan sigap mengamankannya.

Perin kembali menyelamatkan gawang Genoa di menit ke-32. Dia berada di posisi yang tepat untuk menangkap bola hasil tembakan keras Mandzukic dari luar kotak penalti.

Pada babak kedua, Juventus lagi-lagi membuang banyak peluang. Sepakan Alex Sandro meleset dari sasaran, begitu juga dengan tembakan Pjanic. Pada menit-menit akhir, tembakan Pjanic dari luar kotak penalti juga tak menemui sasaran.

Hingga akhir laga, Juventus cuma menang dengan skor 1-0. Mereka cukup beruntung karena Genoa juga tak memberikan ancaman berarti ke gawang mereka. Tim tamu tak membuat satu pun shot on target di sepanjang laga.

Susunan Pemain

Juventus: Szczesny; Lichtsteiner (Barzagli, 83), Benatia, Chiellini, Alex Sandro (Asamoah, 76); Khedira (Sturaro, 70), Pjanic, Matuidi; Douglas Costa, Higuain, Mandzukic

Genoa: Perin; Rossettini, Spolli, Izzo; Rosi, Rigoni (Galabinov, 46), Bertolacci, Omeonga, Laxalt; Taarabt (Lazovic, 68), Pandev (Lapadula, 78)

Kemenangan Yang Amat Penting

Juventus mengalahkan Genoa 1-0 dalam lanjutan kompetisi Serie A. Meski timnya cuma menang tipis, pelatih Massimiliano Allegri menilainya sebagai hasil yang sangat penting.

Juventus kembali bertanding usai rehat selama dua pekan. Terakhir Bianconeri bermain adalah ketika mengalahkan Cagliari 1-0 di giornata ke-20, 7 Januari 2018.

Di pekan ke-21, Juventus menjamu Genoa di Allianz Stadium, Selasa (23/1/2018) dinihari WIB. Di laga itu, tuan rumah menang berkat gol tunggal Douglas Costa di menit ke-16.

Allegri menjelaskan, timnya cukup kesulitan karena para pemainnya sedikit kelelahan usai berlatih keras di sepanjang pekan. Kemenangan ini juga membuatnya senang, sebab bisa menjaga jarak dengan Napoli di klasemen Serie A tetap satu poin.

“Kami sedikit kelelahan di akhir pertandingan, lebih dari sekadar khawatir akan hasil akhirnya. Ada keinginan untuk meraih hasil bagus di kandang sendiri dan kami berlatih sangat keras di sepanjang pekan,” Allegri mengatakan selepas laga, sepeti dilansir ESPN.

“Penting untuk menang demi terus membuntuti Napoli, dan mulai berjuang lagi seusai jeda,” imbuhnya.

“Ini tantangan buat kami, memenangi scudetto ketujuh akan sangat luar biasa, lebih dari sekadar legendaris, jadi kami harus bekerja dengan baik dan menunggu saat yang tepat. Pemain bekerja dengan sangat keras di sepanjang pekan, dan latihan itu membuat malam ini sedikit sulit. Di saat bersamaan, kami tidak memberikan Genoa kesempatan apa pun,” kata Allegri.

Tambahan tiga poin membuat Juventus masih menempati peringkat dua dengan 53 poin, tertinggal satu poin dari Napoli yang sementara memimpin klasemen.

Leave a Reply