Kalahkan Alaves, Barcelona Samai Sebuah Rekor Pada Era Guardiola

Barcelona

Kemenangan atas Alaves berbuah torehan istimewa untuk Barcelona. Mereka menyamai rekor laju tak terkalahkan sejak awal musim yang dibuat di era Pep Guardiola.

Barca harus bekerja keras untuk menundukkan Alaves. Bertanding di Camp Nou, Senin (29/1/2018) dini hari WIB, Barca yang sempat tertinggal akhirnya menang 2-1.

Dengan kemenangan itu, Barca menjaga start tak terkalahkannya di La Liga. Lionel Messi dkk. sudah melewati 21 pertandingan tanpa tersentuh kekalahan.

Catatan tersebut menyamai rekor laju tak terkalahkan sejak awal musim yang pernah mereka buat pada 2009/2010 saat masih ditangani Guardiola. Demikian seperti dikutip dari situs resmi klub.

Barca-nya Ernesto Valverde bahkan punya catatan lebih baik ketimbang Guardiola dalam laju 21 laga tak terkalahkan sejak awal musim itu. Saat ini, Barca membukukan 18 kemenangan dan tiga hasil imbang. Sementara di era Guardiola, Barca saat itu bikin rekor dengan meraih 17 kemenangan dan empat hasil imbang.

Di pertandingan berikutnya, Barca akan tandang ke markas Espanyol, Minggu (4/2/2018) malam WIB. Jika tak terkalahkan di laga itu, maka Barca akan menorehkan rekor baru.

Meski demikian, Barca masih jauh dari rekor laju tak terkalahkan terpanjang yang pernah mereka buat (bukan sejak awal musim). Rekor tersebut masih dipegang Barca-nya Guardiola yang melewati 33 laga tanpa terkalahkan pada 2010/2011.

Valverde: Sulitnya Alaves Ditaklukkan Akan Selalu Diingat Barca

Barcelona harus bersusah payah saat menaklukkan Deportivo Alaves di lanjutan La Liga. Los Cules tak akan melupakan kesolidan Alaves itu.

Saat menjalani pertandingan di Camp Nou, Senin (29/1/2018) dinihari WIB, Barca memetik kemenangan 2-1 atas Alaves. Barca memetik kemenangan dengan sudah payah di laga itu.

Alaves bisa unggul lebih dulu berkat gol John Guedetti pada babak pertama. Barca baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-72 lewat Luis Suarez. Lionel Messi menjadi penentu kemenangan tim tuan rumah dengan golnya enam menit menjelang bubaran.

Pelatih Barca, Ernesto Valverde, mengakui kesulitan anak-anak asuhnya membongkar pertahanan Alaves. Dia mengaku tak akan melupakan pertahanan Alaves.

“Kami akan mengingat pertandingan ini karena sangat sulit setelah mereka mencetak gol lewat serangan balik,” kata Valverde di BarcaTV yang dilansir oleh Sport.

“Meski bermain bagus dan bisa menembus kotak penalti, mereka bisa mengambil keuntungan dari kami saat serang balik.”

“Pada akhirnya mereka membuang waktu dan lebih ketat dan ketat lagi di lini belakang. Kami harus bekerja lebih keras untuk bangkit,” dia menambahkan.

Suarez-Messi Menangkan Barca Atas Alaves

Barcelona memetik kemenangan atas Deportivo Alaves. Sempat tertinggal, Luis Suarez dan Lionel Messi membawa Los Cules menang dengan skor akhir 2-1.

Saat menjalani pertandingan di Camp Nou, Senin (29/1/2018) dinihari WIB, Barca ketinggalan 0-1 di babak pertama. Adalah gol dari John Guidetti yang membawa tim tamu unggul lebih dulu.

Gol itu direncanakan lewat satu serangan balik cepat. Ibai Gomez mengirim umpan daerah untuk Guidetti, yang bisa memanfaatkan kecepatannya.

Guedetti bisa melepaskan diri dari kawalan Samuel Umtiti, untuk menaklukan penjaga gawang Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen.

Di babak pertama, Barca menguasai pertandingan dengan catatan 74 persen penguasaan bola dalam data yang dilansir oleh Sport Radar. Mereka melepaskan sebanyak lima percobaan, tiga mencapai sasaran tapi tak ada yang berbuah gol.

Sementara itu, Alaves, yang mengandalkan serangan balik, bisa empat kali mengancam gawang Barca. Semuanya mencapai sasaran.

Di babak kedua, Barca juga masih tampil dominan. Sport Radar mencatat penguasaan bola mereka ada di angka 70 persen. Mereka, yang mengejar defisit gol bisa melepaskan 11 percobaan, delapan menemui bidang.

Usaha Barca untuk mencetak gol baru berhasil di menit ke-72. Suarez yang menjebol gawang tim tamu. Berawal dari umpan silang Andres Iniesta, tendangan Suarez dari sudut sempit berhasil membawa Barca menyamakan kedudukan 1-1.

Barca berbalik unggul di menit ke-84. Gol itu dicetak Messi lewat tendangan bebas. Sebelumnya, terjadi pelanggaran pada La Pulga oleh bek Alaves di muka kotak penalti. Tendangan Messi melengkung ke sisi kiri atas gawang Alaves.

Pada menit ke-88, pemain Alaves melakukan protes. Umtiti melakukan handsball saat menahan tendangan pemain Alaves. Wasit tak menunjuk titik putih, laga terus dilanjutkan.

Peluang emas Barca pada masa injury time gagal dimanfaatkan Messi. Tendangan chip yang dilakukan oleh pemain asal Argentina itu, bisa ditangkap kiper. Tak lama kemudian laga selesai, Barca menang 2-1.

Dengan kemenangan ini, Barca tetap nyaman di posisi pertama klasemen dengan raihan 54 poin. Sementara itu, Alaves menempati peringkat ke-17 dengan koleksi 21 poin.

Susunan Pemain

Barcelona: Ter Stegen; Semedo (Roberto 52), Pique, Umtiti, Digne (Jordi Alba 52); Rakitic, Iniesta, Coutinho (Alcacer 66), Paulinho; Messi, Luis Suarez

Alaves: Pacheco; Alexis, Laguardia, Maripan, Duarte (Demirovic 89); Ibai Gomez, Medran, Wakaso, Hernan Perez (Pedraza 63); Guidetti (El Haddadi 75), Ruben Sobrino

Leave a Reply