Juventus Menjauhi Napoli Setelah Kalahkan Atalanta 2-0

Juventus

Juventus menekuk Atalanta dengan skor 2-0 di kandang sendiri. Kemenangan ini menjauhkan Bianconeri dari kejaran Napoli di papan klasemen Serie A.

Pertandingan di Allianz Stadium, Turin, Kamis (15/3/2018) dinihari WIB, adalah partai tunda. Laga ini seharusnya digelar pada 25 Februari lalu, tapi batal dimainkan karena lapangan tertutup salju.

Juventus memimpin 1-0 hingga turun minum. Gol Gonzalo Higuain pada menit ke-29 membawa tim tuan rumah unggul.

Pada paruh kedua, Atalanta kehilangan Gianluca Mancini yang terkena kartu merah. Juventus berhasil memaksimalkan keunggulan jumlah pemain untuk mencetak gol keduanya melalui Blaise Matuidi pada menit ke-81.

Tambahan tiga poin memantapkan posisi Juventus di puncak klasemen Serie A dengan perolehan 74 poin dari 28 pertandingan. Mereka memperlebar jarak dengan Napoli yang berada di posisi kedua menjadi empat poin. Adapun Atalanta berada di posisi kedelapan dengan 41 poin.

Jalannya Pertandingan

Matuidi berpeluang membawa Juventus unggul di menit ke-19. Usai menerima bola sepak pojok, dia melepaskan tembakan voli. Namun, upayanya dihalangi oleh pemain lawan.

Sebuah serangan balik kilat Juventus pada menit ke-29 berbuah gol. Douglas Costa membawa bola ke wilayah pertahanan Atalanta dan mengirimkan umpan jitu ke Higuain yang berdiri bebas. Higuain kemudian langsung berhadapan dengan kiper Etrit Berisha dan sukses mengirimkan bola ke tiang jauh.

Paulo Dybala membuang sebuah peluang emas untuk memperbesar keunggulan Juventus. Meski tinggal menghadapi Berisha, tembakannya bisa digagalkan.

Percobaan berikutnya dari Higuain juga tak menghasilkan gol kedua Juventus. Tembakan striker asal Argentina itu dari luar kotak penalti masih melenceng.

Atalanta nyaris menyamakan kedudukan di awal babak kedua. Namun, sundulan Mancini yang diawali sebuah sepak pojok masih sedikit meleset.

Memasuki menit ke-65, Higuain mengirimkan umpan terobosan yang memungkinkan Costa untuk menusuk ke pertahanan Atalanta. Tapi, penyelesaian Costa masih mengenai tiang gawang.

Atalanta harus bermain dengan sepuluh orang pemain sejak menit ke-79. Mancini terkena kartu kuning kedua akibat pelanggarannya terhadap Giorgio Chiellini.

Tak berselang lama, Juventus memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 lewat gol Matuidi. Matuidi sama sekali tak terkawal di kotak penalti ketika menerima umpan dari Higuain. Dengan tenang, dia menembak ke sudut yang tak bisa dijangkau oleh Berisha.

Susunan Pemain

Juventus: Buffon; Lichtsteiner (De Sciglio 50′), Benatia, Chiellini, Asamoah; Pjanic, Matuidi; Costa (Barzagli 78′), Dybala, Mandzukic (Alex Sandro 62′); Higuain.

Atalanta: Berisha; Toloi, Palomini, Mancini; Hateboer (Cornelius 70′), Haas (Spinazzola 57′), De Roon, Gosens (Petagna 65′); Ilicic, Cristante, Gomez.

Kini Tertinggal dari Juventus, Napoli Masih Yakin Bisa Raih Scudetto

Napoli kini tertinggal dari Juventus di Serie A dan mulai ada jarak. Marek Hamsik percaya kesempatan untuk menyalip sang rival masih sangat terbuka.

Kekalahan dan hasil imbang di dua partai terakhir liga membuat Napoli kehilangan puncak klasemen setelah 11 pekan. Mereka ditumbangkan AS Roma di San Paolo, lalu berimbang lawan Inter Milan di Giuseppe Meazza.

Skuat besutan Maurizio Sarri itupun tertahan di posisi dua klasemen dengan nilai 70 dari 28 laga. Mereka dilewati Juventus yang kini memimpin dengan 74 poin.

Jarak empat angka ini bisa amat krusial di 10 pertandingan tersisa. Namun kapten Napoli Marek Hamsik optimistis timnya bisa merebut kembali posisi teratas.

Napoli masih akan bertandang ke Juventus di laga tersisa, yang jadi kesempatan terbaik untuk menipiskan jarak. Selain itu Hamsik menyoroti pekan-pekan terakhir Bianconeri yang masih harus bertandang ke Inter Milan dan Roma.

“Napoli belum menyerah. Kami harus yakin sampai akhir, masih ada duel head to head dan Juventus punya dua partai tandang yang berat di sisa musim,” ungkapnya dikutip Soccerway.

“Segalanya jelas mungkin terjadi. Liga masih memberikan kami kesempatan, ada begitu banyak poin dan begitu banyak pertandingan. Tapi memang itu mudah diucapkan, namun sulit dilakukan.”

“Kalau kami mencapai 100 poin, itu akan mendatangkan Scudetto. Mungkin akan begitu akhirnya. Sejauh ini kami sudah menjalani musim yang luar biasa, kami perlu terus seperti ini,” tambah Hamsik.

Leave a Reply